kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

IHSG Terus Tertekan, Harta 10 Orang Kaya Indonesia Ini Banyak Menguap


Sabtu, 16 Juli 2022 / 20:37 WIB
IHSG Terus Tertekan, Harta 10 Orang Kaya Indonesia Ini Banyak Menguap
ILUSTRASI. Robert Budi Hartono, pemilik Grup Djarum. IHSG Terus Tertekan, Harta 10 Orang Kaya Indonesia Ini Banyak Menguap


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tekanan terhadap bursa saham Indonesia telah membuat harga para miliarder Indonesia ikut menyusut. Bila dibandingkan pada awal Mei 2022 kemarin, nilai kekayaan para miliarder Indonesia banyak menguap.

Sebagai contoh Hartono bersaudara per 1 Mei 2022 memiliki kekayaan di level US$ 23,4 (Robert Budi Hartono) miliar dan US$ 22,4 miliar (Michael Bambang Hartono). Namun kini harta kedua bersaudara itu turun signifikan.

Pada penutupan perdagangan Jumat (15/7/2022), berdasarkan forbes real time billionaires, berikut besaran harta 10 orang terkaya di Indonesia.

Peringkat pertama masih dipegang keluarga Hartono pemilik Grup Djarum dan bank swasta terbesar di Indonesia PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Baca Juga: 10 Orang Terkaya Indonesia Pekan Ini

Orang terkaya Indonesia saat ini adalah R. Budi Hartono dengan nilai kekayaan US$ 19,9 miliar atau setara Rp 296,1 triliun (kurs Rp 14.883). Kemudian kedua disusul saudaranya Michael Bambang Hartono dengan total kekayaan US$ 19,1 miliar atau setara Rp 284,2 triliun.

Posisi ketiga ada pendiri dan ketua Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia dengan total kekayaan US$ 6,2 miliar atau setara Rp 92,2 triliun. Sebelumnya kekayaan Sri Prakash sebesar US$ 6,3 miliar.

Berikutnya adalah orang terkaya keempat Low Tuch Kwong, pendiri dari Bayan Resources, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor tambang batubara, dengan nilai kekayaan US$ 6,0 miliar atau setara Rp 89,2 triliun. 

Lalu ada pendiri CT Corp, Chairul Tanjung di posisi kelima dengan kekayaan US$ 5,9 miliar atau setara Rp 87,8 triliun. Sebelumnya kekayaan pria yang akrab disapa CT ini sempat mencapai US$ 8,5 miliar.

Kemudian disusul pemilik PT Barito Pacific Tbk Prajogo Pangestu di posisi keenam dengan total nilai kekayaan US$ 5,5 miliar atau setara Rp 81,8 triliun. Kekayaan Prajogo sedikit terkoreksi dari sebelumnya sempat di level US$ 5,6 miliar.

Baca Juga: Kekayaan Elon Musk Tambah Rp 112 Triliun dalam Semalam, Cek Harta 10 Orang Terkaya AS

Di bawahnya, di posisi ketujuh ada crazy rich asal Surabaya, Wijono & Hermanto Tanoko. Pemilik PT Avia Avian Tbk (AVIA) ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 3,7 miliar atau setara Rp 55 triliun.

Orang terkaya kedelapan adalah Theodore Permadi Rachmat, pendiri Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis. Pria yang akrap disapa TP Rachmat ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 2,9 miliar atau setara Rp 43,1 triliun.

Djoko Susanto berada di urutan kesembilan. Pemilik grup Alfamart, bisnis ritel minimarket ini memiliki kekayaan sebesar US$ 2,8 miliar atau setara Rp 35,7 triliun. 

Dan teraknir nomor 10 ada Martua Sitorus. Pendiri Wilmar International ini, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan minyak sawit mentah ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 2,8 miliar atau setara Rp 41,67 triliun. 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×