kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indika Energy (INDY) alokasikan 15%-20% penjualan batubara untuk pasar spot


Jumat, 08 Oktober 2021 / 21:24 WIB
Indika Energy (INDY) alokasikan 15%-20% penjualan batubara untuk pasar spot
ILUSTRASI. Jajaran direksi INDY


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk mengalokasikan 15%-20% dari penjualan batubaranya untuk penjualan secara spot pada tahun ini. Selebihnya, penjualan batubara perusahaan dialokasikan untuk penjualan dengan skema kontrak jangka panjang, menengah, dan tahunan.

Informasi perihal rencana alokasi penjualan ini diungkapkan oleh Head of Corporate Communication PT Indika Energy Tbk (INDY) Ricky Fernando. “Penjualan spot dialokasikan antara 15%-20%, selebihnya terdiri dari kontrak jangka panjang, menengah dan tahunan,” kata Ricky  saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (8/10).

Lebih lanjut, Ricky menjelaskan bahwa penjualan secara spot memiliki harga yang lebih tinggi, sebab harganya mengikuti harga pasar saat ini. Sementara itu, harga penjualan batubara melalui skema kontrak bisa berbeda-beda pada setiap pelanggan. “Setiap klien mempunyai formula pricing tersendiri,” ujar Rikcy.

Namun demikian, Ricky tidak merinci seperti apa perbandingan/selisih harga jual secara spot dengan penjualan dengan skema kontrak berjangka dalam penjualan batubara perusahaan.

Baca Juga: Indika Energy (INDY) menggenggam 100% saham Nusantara Resources

Sedikit informasi, menurut catatan Kontan.co.id, INDY mengejar target produksi konsolidasi 37,3 juta ton batubara pada tahun ini. Target tersebut merupakan target hasil revisi Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) perusahaan yang telah disetujui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sedianya, INDY mencanangkan rencana produksi konsolidasi 31,4 juta ton batubara dalam RKAB awal.

Pada sepanjang Januari-Juni 2021 lalu, INDY telah mencatatkan produksi konsolidasi sekitar 19,8 juta ton batubara atau setara dengan 53,08% dari target produksi konsolidasi pasca revisi RKAB.

 

Dalam realisasi tersebut,  PT Kideco Jaya Agung (Kideco) menyumbang produksi 18,2 juta ton batubara atau naik 7,7% dibanding realisasi produksi Kideco periode sama tahun lalu yang sebesar 16,9 juta ton. Sementara itu, MUTU mencatatkan produksi 0,9 juta ton batubara sisanya di sepanjang Januari-Juni 2021, tumbuh 28,57% dibanding realisasi produksi MUTU periode sama tahun lalu yang sebesar 0,7 juta ton

Adapun total pendapatan konsolidasi yang dibukukan oleh INDY sepanjang semester pertama tahun ini mencapai sebesar US$ 1,28 miliar, naik 14,07% dibanding realisasi pendapatan semester pertama tahun lalu yang sebesar US$ 1,12 miliar.  

Dari hasil pendapatan itu, INDY mengantongi laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih sebesar US$ 12 juta di semester I 2021, berbalik dari posisi bottom line INDY di semester I 2020 tercatat rugi bersih US$ 21,91 juta.

Selanjutnya: Kenaikan harga batubara memoles kinerja sejumlah emiten batubara pada semester I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×