Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten group salim, PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) melalui entitas asosiasinya, PT Indomarco Prismatama alias Indomaret, telah merealisasikan pembukaan gerai Indomaret baru sebanyak 300 gerai hingga penghujung semester I-2025.
Jumlah ini baru mencapai 30% dari total 1.000 gerai yang akan dibuka di sepanjang tahun 2025.
Direktur Utama DNET Haliman Kustedjo menerangkan, ketika akan membuka toko baru, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, termasuk mengenai pemilihan lokasi toko.
Baca Juga: Indoritel Makmur Internasional (DNET) Tebar Dividen dari Laba 2024, Cek Besarannya
Meskipun tetap punya target ekspansi yang cukup agresif pada tahun ini, Indomaret tetap harus berhati-hati dalam merencanakan pembukaan gerai baru.
“Bagi kami di Indomaret ini, penambahan gerai itu syaratnya ada dua. Yang pertama ada penduduknya dan kedua ada daya belinya. Kalau salah satunya tidak terpenuhi, itu tidak layak,” ungkap Haliman, dalam Paparan Publik, Rabu (25/6).
Dia menuturkan, penambahan gerai baru di tahun ini utamanya masih akan dikonsentrasikan di area Pulau Jawa, terutama di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.
Namun, potensi perluasan jaringan Indomaret ke wilayah di luar Pulau Jawa juga tetap ditangkap oleh perusahaan di 2025.
Direktur Indoritel Makmur Internasional, Harjono Wreksoremboko, menambahkan laju bisnis Indomaret di 2025 masih akan diderai oleh sejumlah tantangan.
Pertama, situasi ekonomi global dan perang tarif yang berimbas terhadap ekonomi dalam negeri tampak dalam pelemahan daya beli masyarakat.
Kedua, perubahan trend belanja, sebagian konsumen beralih ke online sehingga perlu diantisipasi dengan memperkuat online Indomaret. Dan ketiga, Persaingan sektor retail semakin ketat, baik dari segi harga, promosi, layanan baru dan inovasi produk.
Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, Indomaret telah menyiapkan berbagai strategi, di antaranya berinovasi dalam menyajikan produk-produk baru sesuai kebutuhan konsumen dan mengandung nilai keekonomian.
“Kami juga memperkuat dan mengenalkan experience belanja online pada konsumen-konsumen Indomaret, melalui klikIndomaret dan melakukan bounding yang lebih baik kepada pelanggan dengan memberikan program-program loyalty/membership,” tambahnya.
Dengan berbagai tantangan dan peluang yang ada, diharapkan hingga akhir tahun 2025 ini, Indomaret dapat menambah + 1.000 gerai, sehingga menjadi berjumlah 24.141 gerai yang tersebar di 34 provinsi.
Selanjutnya: Bank Mandiri Cetak Laba Rp 19,65 Triliun Hingga Mei 2025
Menarik Dibaca: Bukan Sekadar Usia, Ini Cara Pendopo Rayakan Perjalanan Budaya dan Sosial
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News