Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini
KONTAN.CO.ID - Jakarta, 30 Oktober 2023. Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) ("Indosat", "IOH", atau "Perseroan") kembali mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada sembilan bulan terakhir terhitung hingga tanggal 30 September 2023 lewat strategy Go-to-Market yang tepat, menghasilkan peningkatan EBITDA sebesar 24,0% YoY menjadi Rp17,4 triliun dan menghasilkan marjin EBITDA yang mencapai 46,6% di sembilan bulan pertama tahun 2023 (9B23). Indosat berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia.
Pada perjalanan 9B23, Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp37,4 triliun, menandai peningkatan 8,5% YoY, didorong beragam lini bisnis mulai dari Selular, Multimedia, Data Communication, & Internet (MIDI), dan Fixed Telecom. Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp2,7 triliun. kini, Indosat telah mencatat rekor baru dengan membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.
Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan: "Kami sangat senang dapat mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang kuat selama 9B23, termasuk membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut. Kinerja kami didorong oleh komitmen kami untuk menjadi yang terbaik, strategi Go-to-Market yang terencana dengan cermat, dan fokus kami yang tak tergoyahkan untuk memberikan marvelous experience bagi pelanggan. Skala dan kinerja Indosat memungkinkan kami untuk mencapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.
Indosat terus mewujudkan tujuan yang lebih besar melalui pemberdayaan Indonesia secara digital. Ini merupakan langkah yang sejalan dengan misi perusahaan dalam mendorong percepatan transformasi digital bangsa.
Indosat semakin memperkuat jaringan 4G di wilayah Nusa Tenggara di Indonesia Timur, memperluas inklusi digital dan membuka peluang tak terbatas bagi masyarakat. Jaringan Indosat kini telah menjangkau lebih dari 80% populasi di seluruh Nusa Tenggara, dengan penambahan pemancar jaringan (site) yang meningkatkan kapasitas mobile internet hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Indosat terus memperluas jaringannya ke wilayah pedesaan yang belum terlayani di Indonesia Timur dalam rangka menutup kesenjangan digital. Saat ini Indosat telah memiliki 172 ribu BTS 4G, meningkat 34,9% YoY.
Indosat meluncurkan kemitraan baru dengan International Telecommunication Union (ITU) dan Digital Transformation Centres Initiative (DTCI) untuk memperkuat literasi digital dan memfasilitasi pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat terpencil dan kurang terlayani di Indonesia. Kemitraan merupakan pilar utama dari pendekatan Indosat untuk memberdayakan Indonesia secara digital. Bersamaan dengan itu, Indosat mengumumkan kemitraan baru dengan Cisco untuk memperkenalkan kursus pelatihan keamanan siber Cisco Networking Academy ke dalam program pelatihan IDCamp Indosat yang sukses setiap tahunnya.
Indosat optimis bahwa bisnis memiliki peran penting dalam menciptakan dunia lebih baik dan lebih berkelanjutan. Indosat juga terus mengembangkan berbagai inisiatif di bawah kerangka kerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi emisi dan konsumsi energi, termasuk melalui pemasangan panel surya, baterai yang efisien, dan mode sleep cell di seluruh jaringan BTS.
Sejalan dengan itu, Indosat terus memperkuat program-program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, termasuk IDCamp dan SheHacks, yang memperluas inklusi dan kesetaraan digital dan gender. Terakhir, Indosat juga secara aktif memperkuat sistem privasi dan perlindungan data untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi standar tertinggi dan selaras dengan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik.
Indosat melanjutkan komitmennya untuk memberikan pengalaman digital kelas dunia dengan produk yang simpel dan transparan kepada pelanggan, bersamaan dengan ekspansi jaringan. Hal ini menitikberatkan padai fokus perusahaan untuk menarik pelanggan berkualitas tinggi dan meluncurkan penawaran digital baru untuk meningkatkan belanja pengguna.
"Kami optimis telah berada di jalur yang tepat untuk mentransformasi Indosat dari perusahaan telco menjadi techco, dan memimpin transformasi digital di industri ini. Dengan semangat Gotong Royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa batas dalam memberdayakan Indonesia dan mendukung Indonesia berada di garis depan dalam perjalanan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara," pungkas Vikram.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News