Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Indosat, salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, akan gencar mengembangkan layanan Value Added Service (VAS). Operator terbesar kedua di Indonesia tersebut membidik pelanggan VAS mencapai 12 juta-15 juta di 2013.
"Indosat berkomitmen akan memberikan layanan VAS yang ada inovasinya," kata Gatot Wibowo Hadiputro, Content Product Manager Indosat di Jakarta, Senin (8/4).
Sebagai gambaran, VAS adalah layanan digital yang ditambahkan pada jaringan telepon sebagai layanan tambahan. Mudahnya, semua layanan yang ditawarkan selain layanan standar telepon. Layanan yang termasuk di dalam VAS adalah games, ringtones, social media, dan web browsing.
Di tahun 2012 lalu, jumlah pelanggan VAS Indosat adalah 10% dari total pelanggan yakni sekitar 5,8 juta. Pelanggan Indosat sendiri pada 2012 lalu adalah 58,5 juta pelanggan.
Oleh sebab itu, Indosat menggandeng JKT48, sebuah girl group di Indonesia untuk mendongkrak jumlah pelanggan VAS Indosat. Dalam layanan VAS terbarunya, Indosat menghadirkan Layanan Mobile Content JKT48 bagi para penggemarnya dengan mengetik *123*48#.
Layanan Mobile Content JKT48 adalah layanan di mana para penggemar girl group tersebut dapat mendapatkan konten-konten digital seperti iRing, Games, SMS Diaries, foto serta lagu para anggota JKT48.
"Strategi kita untuk VAS adalah pada konten dan event," tandas Gatot.
Adapun untuk layanan Mobile Content JKT48 sendiri, Indosat menargetkan dapat membidik pelanggan VAS sebesar 2 juta hingga akhir tahun 2013.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News