kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Industri Komponen Menuai Berkah Mobil Murah


Selasa, 17 September 2013 / 07:10 WIB
Industri Komponen Menuai Berkah Mobil Murah
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Bulan ini, para produsen otomotif mulai meluncurkan mobil murah ke pasar. Kehadiran mobil murah ini tentu saja membawa berkah bagi produsen komponen kendaraan di tanah air. Maklum, dalam aturan mobil murah tercantum ketentuan kewajiban penggunaan komponen lokal minimal 40%.

Beberapa industri komponen yang mendapat berkah kehadiran mobil murah antara lain produsen ban, komponen radiator, dan industri kaca otomotif.
General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk Arijanto Notoraharjo bilang, saat ini, perusahaan ini sudah menerima order dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memasok ban bagi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Setiap bulan, Gajah Tunggal bakal memasok sekitar 8.000 unit ban untuk mobil murah keluaran group Astra ini. Tapi, "Porsinya memang lebih besar untuk ban Daihatsu Ayla," kata Arijanto kepada KONTAN, Senin (16/9).

Sayangnya, Arijanto masih enggan membeberkan secara rinci berapa besar porsi ban yang akan dipasok untuk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Selain Agya dan Ayla, Gajah Tunggal rencananya juga bakal memasok ban untuk mobil murah keluaran Nissan Datsun yang akan diluncurkan tahun depan.

Gajah Tunggal optimistis, adanya mobil murah bakal berdampak positif pada pertumbuhan penjualan ban untuk segmen Original Equipment Manufacturer (OEM). Pasalnya, dengan program mobil murah, kebutuhan pabrikan untuk mendapat pasokan ban semakin tinggi.

Dampak positif mobil murah juga dirasakan produsen komponen kendaraan lainnya. Direktur Keuangan PT Selamat Sempurna Tbk Ang Andri Pribadi mengaku sudah mendapat pesanan komponen filter (penyaring udara) dari dua pabrikan produsen mobil murah. Salah satunya untuk PT Suzuki Motor Indonesia (SMI). "Untuk Suzuki, kami memasok komponen berupa filter. September ini, ada pesanan masuk sebanyak 1.000 unit," jelas Andri.

Pada tahap awal, kata Andri, Selamat Sempurna hanya memproduksi filter untuk mobil murah sekitar 500 unit- 1.000 unit per bulan. Mereka juga belum memasok komponen radiator.

Rusli Pranadi, Sekertaris Perusahaan PT Asahimas Flat Glass Tbk mengatakan bahwa Asahimas juga mendapat orderan kaca mobil. Kata Rusli, Asahimas memasok puluhan ribu kaca mobil untuk Agya, Ayla, dan Honda Brio Satya. Tapi, Rusli masih enggan membeberkan volume kaca otomotif yang bakal dipasok untuk mobil murah. Yang jelas, "Pasokan terbesar saat ini untuk Toyota Agya,” katanya,

Dengan orderan dari mobil murah, Asahimas menargetkan bisa menambah kontribusi pendapatan dari penjualan domestik. Semula kontribusi penjualan dari domestik 66% dan ekspor 34%. Nah, Asahimas berharap porsi penjualan domestik bisa naik menjadi 70% dari total penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×