kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 mobil bekas yang paling dicari di situs online saat pandemi


Kamis, 09 Juli 2020 / 15:04 WIB
Ini 3 mobil bekas yang paling dicari di situs online saat pandemi
ILUSTRASI. Penjualan kendaraan. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 memukul industri otomotif. Salah satu yang kena imbas ialah segmen mobil bekas. Data OLX menyebut, di awal pandemi permintaan mobil bekas turun sampai 40 persen. 

Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX, mengatakan, meski secara keseluruhan permintaan mobil bekas turun tapi segmen mobil keluarga tetap favorit. Konsumen konsisten mencari MPV terutama keluaran Jepang. 

Baca Juga: Harga lelang mobil SUV, X-Trail Rp 40 juta , CR-V Rp 70 juta, Mazda CX-9 Rp 135 juta

"Tidak berubah dari sebelum pandemi, MPV Jepang masih menjadi nomor satu, Toyota Avanza dan Innova, Daihatsu Xenia masih menjadi mobil yang paling dicari konsumen," katanya kepada Kompas.com, Kamis (9/7/2020). 

Meski demikian, Melda penggilannya mengatakan, di awal pandemi yakni dari Maret-Mei, jika dibagi ke dalam kelas, maka kelas Low MPV mengalami penurunan lebih tajam ketimbang MPV di atasnya. 

"Jadi penurunannya (Low MPV) dua kali daripada mobil kelas atas seperti contohnya Toyota Alphard, permintaannya turun tapi cuma setengah," katanya. 

"Hipotesa kami memang (pandemi) terdampak semua orang, tapi untuk kalangan tentu impaknya lebih besar, dan (apalagi) sekarang orang lebih memikirkan yang terpenting ialah kebutuhan primer," ucap Melda. 

Baca Juga: Mobil MPV Jepang seken masih diminati di tengah pandemi Covid-19

Sama seperti di segmen mobil baru, Melda menyebut permintaan mobil bekas jenis MPV lebih banyak diminati dari pada jenis mobil lain karena dilandasi budaya orang Indonesia yang suka berkumpul dengan keluarga. 

"Indonesia harus bangga karena kita masyarakat yang sangat kekeluargaan dan sangat komunal, memang suka kumpul dan sudah mendarah daging, dan ini juga terjadi hingga pemilihan jenis mobil," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Mobil Bekas Paling Dicari di Situs Online Masa Pandemi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×