kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,05   5,72   0.63%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar pelatihan kartu prakerja yang disediakan Ruangguru


Senin, 20 April 2020 / 19:39 WIB
Ini daftar pelatihan kartu prakerja yang disediakan Ruangguru
ILUSTRASI. Keterlibatan Ruangguru sebagai penyedia platform pelatihan program kartu prakerja sempat menuai kontroversi.


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ruangguru, platform penyedia pelatihan program kartu prakerja dari pemerintah menyebut, perusahaannya memiliki badan hukum Indonesia melalui PT Ruang Raya Indonesia.

Sekar Krisnauli, Public Relation Lead Ruangguru mengatakan, Ruangguru juga memiliki operasi dan support di berbagai negara, seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura.

"PT Ruang Raya Indonesia, yang adalah badan hukum Indonesia, betul melakukan usaha dengan merek Ruangguru. Kami juga kini mempunyai operasi dan support di berbagai negara termasuk Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Singapore," jelasnya dalam keterangan tertulis kepada Kontan, Senin (20/4).

Sebagai informasi, keterlibatan Ruangguru sebagai penyedia platform pelatihan program kartu prakerja sempat menuai kontroversi sebab sang pendiri Ruangguru, Belva Devara, juga menjabat sebagai staf khusus presiden.

Baca Juga: Kisah mereka yang mendaftar kartu prakerja

Perusahaan rintisan di sektor edukasi ini, juga tercatat di Singapura karena mendapat suntikan pendanaan dari salah satu ventura asal Singapura, UOB Venture Management.

Sebagai salah satu penyedia platform pelatihan kartu prakerja, bidang pelatihan yang ditawarkan oleh Skill Academy by Ruangguru meliputi pemasaran, pengembangan diri, bisnis & keuangan, teknologi & software, serta persiapan tes dengan rata-rata rating 4,76.

Sekar mengatakan, biaya per kelas pelatihan tergantung masa-masa promo, sebab pihaknya banyak memberikan keringanan seperti diskon dan flash sale setiap harinya.

"Ini kami berikan kepada siapapun, begitu pula dengan tipe kelas, serta level keterampilan, dan kami rasa kelas Skill Academy itu dapat dibilang sangat terjangkau mulai dari Rp 77.000," jelasnya.

Adapun durasi pelatihan juga bervariasi. Satu kelas pelatihan bisa sampai 8 jam dan mencakupi beberapa materi pembahasan dalam bentuk video belajar di dalamnya, di mana setiap kelasnya mengulas suatu topik tertentu dalam skala yang lebih kecil.

Khusus bagi penerima kartu prakerja, Skill Academy by Ruangguru menyediakan paket pelatihan kombo yakni paket prakerja. Dalam pelatihan kombo paket prakerja tersebut terdapat sejumlah 5 kelas sampai 7 kelas pelatihan yang dikurasi dan mengulas keterampilan tertentu yang dapat diterapkan oleh pengguna - khususnya dalam memperoleh penghasilan tambahan di tengah kondisi pandemi ini.

"Penerima kartu prakerja yang membeli paket prakerja juga akan mendapatkan tambahan dana langsung sebesar Rp 100.000 dan akses gratis aplikasi belajar Ruangguru selama 3 bulan. Paket-paket ini tentunya sudah dikurasi oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia," kata Sekar.

Selain Paket Prakerja, penerima kartu prakerja juga dapat memanfaatkan ratusan kelas individu lainnya yang juga sudah dikurasi oleh Kemenko Perekonomian.

Sebagai contoh, peserta dapat mengikuti kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram, yang diajarkan langsung oleh Michael Sugiharto (pakar pemasaran melalui media sosial), Customer Service dan Cara Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik, yang diajarkan oleh Putri Lisa Erdiyanti (Commercial Operations Lazada), SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, diajarkan oleh Ilman Akbar (Product Manager Traveloka dan Praktisi SEO), Merancang Produk yang Dicintai Pengguna dengan Data Powered Design, hingga diajarkan oleh Stevanus Christopel (VP of Design OVO).

Baca Juga: Bhima Yudhistira beberkan alasan tantang stafsus milenial Jokowi berdebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×