kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini empat strategi Pertamina EP untuk temukan cadangan migas


Selasa, 04 Februari 2020 / 17:22 WIB
Ini empat strategi Pertamina EP untuk temukan cadangan migas
Petugas beraktifitas di sekitar alat pengebor elektrik di daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa Kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina EP berencana menerapkan empat strategi kunci pada tahun ini demi menemukan cadangan migas dan menjaga produksi.

Direktur Utama Pertamina EP Nanang Abdul Manaf bilang, empat strategi ini dilakukan sejalan dengan rencana pengeboran yang ada. Asal tahu saja, pada tahun ini perusahaan menargetkan pengeboran 108 sumur pengembangan dan 10 sumur eksplorasi.

"Ada empat strategi untuk penemuan sumberdaya untuk menjaga produksi," jelas Nanang, Selasa (4/2).

Baca Juga: Cadangan migas di bawah 10 tahun, Pertamina EP butuh temuan baru

Pertama, mencoba konsep baru di mature area. Nanang bilang, konsep ini meliputi rencana pengeboran dengan data cadangan migas yang dimiliki. Disamping itu, Pertamina EP juga berencana melakukan pengeboran pasa frontier area terutama Sulawesi. Menurutnya, tantangan yang dihadapi pada upaya ini yakni data dan kegiatan eksplorasi yang masih terbatas.

Kedua, melakukan evaluasi pengeboran. Lewat strategi ini Pertamina EP perlu melakukan kegiatan eksplorasi lebih awal untuk kemudian dievaluasi. "Apa perlu sumur appraisal atau perlu disusun rencana pengembangan (Plan of Development/PoD)," tutur Nanang.

Untuk itu Nanang memastikan, sebagian alokasi investasi akan difokuskan pada penemuan cadangan migas baru yang minim resiko. Ketiga, meningkatkan rasio kesuksesan eksplorasi. Rasio saat ini berkisar di angka 10% hingga 20%. Pertamina EP menargetkan angka ini bisa meningkat hingga 30%.

Terakhir melalui upaya memaksimalkan clustering eksplorasi. "Melalui portofolio lahan. Lalu kami juga melakukan peninjauan kembali dan penerapan kerja yang sama di eksplorasi," tandas Nanang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×