Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) sudah mempersiapkan beberapa program andalan untuk meningkatkan ratingnya di 2019. Sekedar tahu saja, MNCN memiliki empat kanal televisi andalan yakni RCTI, MNC TV, Gtv, dan Inews.
Direktur Utama MNCN David Fernando Audy menjelaskan bahwa setiap kanal memiliki target segmen penonton yang berbeda-beda. Untuk RCTI misalnya, bakal difokuskan pada drama serial di jam-jam tertentu ketika tingkat penonton tinggi. Agar disukai, RCTI bakal berupaya meningkatkan performa aktor dan bahkan tidak khawatir jika harus mengganti aktor.
Sementara, MNC TV bakal difokuskan untuk penguatan film drama dengan nuansa lokal seperti Misteri Gunung Merapi. “Sambil memperbaiki program Kilau DMD,” kata Audy kepada Kontan.co.id pada Jumat (21/12). Kilau DMD merupakan program pencarian bakat.
Audy melanjutkan, untuk Gtv, pihaknya bakal meneruskan program-program pencarian bakat, kuis, reality show, dan social drama show. MNCN juga berencana menambah konten lokal dan mengurangi konten film barat di Gtv.
Sedangkan iNews sebagai stasiun televisi khusus berita, bakal memanfaatkan momen Pilpres dan Pileg 2019 dengan memperkuat program talkshow.
Di antara empat stasiun televisi MNCN, Audy mengatakan RCTI masih memberikan kontribusi pendapatan terbesar. Sayangnya, Audy tidak mengungkapkan berapa komposisi pendapatan MNCN dari masing-masing stasiun televisi tersebut.
Catatan saja, sampai kuartal III 2018, MNCN memperoleh pendapatan sebesar Rp 5,53 triliun. Jumlah itu tumbuh 2,79% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pendapatan iklan menyumbang sekitar 96% total pendapatan MNCN.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News