Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Matahari Putra Prima Tbk berkomitmen memberikan dukungan dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upayanya dilakukan melalui Hypermart dengan mengembangkan gerai bagi UMKM serta bekerja sama dengan para pelaku usaha lokal.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,19 juta dan menyerap 97% lapangan tenaga kerja.
Direktur Operasional PT Matahari Putra Prima Tbk, Roy Atmadja mengatakan, Hypermart selain fokus pada bisnis utamanya hingga kini tetap konsisten mewujudkan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan komunitas yang mana salah satunya untuk terus mendukung UMKM.
“Dalam mewujudkan kesejahteraan komunitas, saat ini Hypermart terus melakukan kerjasama dengan pelaku usaha lokal dan memberikan kesempatan bagi mereka dengan memberikan fasilitas saluran penjualan yang lebih luas. Untuk hal itu, kami menyediakan area yang dapat dipergunakan UMKM menjual produk produknya di toko kami sehingga menambah variasi produk makanan di area Bakemart," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (19/8).
Baca Juga: QRIS Tawarkan Biaya Layanan Lebih Murah, Penyedia Jasa Pembayaran Tetap Untung?
Roy bilang, saat ini area bakery Hypermart saat ini sudah lengkap mulai dari makanan kering hingga makanan basah seperti tin bread, boutique, aneka roti manis, cake, pastry dan juga aneka donat.
Dengan adanya upaya keberlangsungan komunitas ini, ia berharap Hypermart dapat bersama sama dengan berbagai komunitas untuk memajukan produk buatan lokal.
Demi menunjang kepuasan pada pelanggan Hypermart, kata dia, Bakemart selalu berinovasi dengan setiap bulannya menyediakan produk baru agar pelanggan mendapatkan banyak pilihan dan tidak jenuh.
Saat perayaan kemerdekaan RI yang ke-78, Hypermart melalui Bakemart menyelenggarakan kegiatan merangkai donat terpanjang di 128 jaringan supermaketnya. Dimana donat merupakan salah satu produk “Must Have Item” yang di produksi sendiri dan didistribusikan juga ke semua jaringan retail PT Matahari Putra Prima Tbk yakni Hypermart, Primo, FMX, Foodmart dan Hyfresh.
“Secara serentak 128 toko kami dari timur sampai ke barat akan mendisplay donat kemerdekaan sepanjang 7,8 meter untuk masing masing toko. Jadi jika dirangkai bersama bisa mencapai panjang satu (1) KM. Acara ini merupakan kali kedua kami lakukan di toko toko kami, selain dapat memeriahkan kemerdekaan momen ini juga dapat menjadi aktualisasi bagi tim bakemartuntuk bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas," jelasnya.
Roy menambahkan, sebagai perusahaan yang memiiki garai dari Barat (Binjai) hingga Timur (papua) di Indonesia ingin merangkai kesatuan pulau-pulau yang ada di Indonesia yang merepresentasikan dengan bakery (donat). "Donat merupakan satu bentuk yang bulat yang memiliki arti tidak berkesudahan. Kami berharap dengan simbol ini kami dapat membantu negara Indonesia dalam mengisi kemerdekaan melalui resources yang kami miliki,” katanya.
Selain itu, Hypermart berkomitmen menyediakan dan meningkatkan kualitas produk makanan segar. Beberapa produk segar MPPA pun telah mengantongi beberapa sertifikasi seperti Sertifikat Penerapan Penanganan yang Baik (SPPB) Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) untuk produk buah dan sayur dengan akreditasi level I.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News