CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ini merek-merek franchise yang jadi pemimpin pasar tahun 2019


Senin, 16 Maret 2020 / 11:32 WIB
Ini merek-merek franchise yang jadi pemimpin pasar tahun 2019
ILUSTRASI. Ini Merek-merek Franchise yang Jadi Pemimpin Pasar Tahun 2019


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Franchise Indonesia bekerjasama dengan Majalah Franchise melakukan survei bertajuk market leader 2020 terhadap merek-merek franchise yang masih konsisten bertumbuh di sepanjang 2019.

Seperti diketahui, usaha UMKM termasuk di dalamnya usaha waralaba merupakan sektor yang kuat dalam menghadapi krisis ekonomi. Itu terbukti dalam pada saat krisis yang melanda Indonesia tahun 1997-1998.

Baca Juga: Lewat ragam inovasi, bisnis kemitraan kedai kopi masih tetap hot

Saat ini pun bisnis UKM tetap tumbuh. Di tengah kondisi mewabahnya virus corona (Covid 19) ditambah ancaman resesi global, industri franchise di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Meski memang tidak sedikit yang mandeg bahkan gugur karena tak sanggup bersaing.

Faktanya masih ada puluhan merek bisnis franchise yang sejak 10 tahun terakhir masih bertahan dan terus berusaha untuk ekspansi. Itulah sebabnya survei market leader tersebut digelar.

Survei Market Leader 2020 dilakukan dengan mengambil sampel tahun 2019, serta menambahkan nilai investasi di samping jumlah gerai yang dimiliki. Tujuannya, untuk lebih menggambarkan nilai bisnis merek franchise tersebut.

Survei dilakukan dengan pola kombinasi Primary Data research atau menggunakan metode sensus serta Secondary Data Research yang didapatkan dari berbagai sumber terpercaya dan terkonfirmasi, seperti media, website, media sosial, brosur, dan lain-lain. Survei digelar mulai Oktober-Desember 2019 terhadap 800 merek Franchise dan Business Opportunity.

Baca Juga: Stabilkan harga, Fast Food Indonesia (FAST) akan buyback 200 juta saham

Rofian Akbar, Pemimpin Majalah Franchise Indonesia mengatakan, peraih Market Leader 2020 adalah merek yang merupakan pemimpin pasar pada tahun 2019.

"Mereka tidak hanya memimpin dalam jumlah gerai yang dimiliki, tetapi memiliki bisnis terbesar per kategori produk tersebut,” kata Rofian dalam keterangan resminya, Senin (16/3).

Dari hasil survei, ada 16 merek peraih Franchise yang mendapatkan penghargaan dalam Market Leader Awards 2020 . Mereka adalah Depo Air Munum Biru, Crispyku, Indomaret, Primagama, Ray White, Global Art, Apotek K-24, Martha Tilaar, Kebab Turki Baba Rafi, Oto Bento, Mom n Jo, Shop&Drive, Ayam Bakar Wong Solo, Ayam Penyet Surabaya, dan Auto Glaze.

Sedangkan peraih Business Opportunity Market Leader Awards 2020 antara lain Orchi, Green Nitrogen, TAPISI, Ayam Keprabon, Golden Telor, Carfix, dan Auto Clean Waterless.

Bersamaan dengan Market Leader Awards 2020, juga digelar anugerah Best to Invest Awards 2020 yang bertujuan untuk motivasi para pelaku bisnis business opportunity agar usahanya bisa berkembang menjadi besar, sustain dan berdaya saing.

Baca Juga: Potensi laba kemitraan usaha dari gerai mi masih bisa panjang

Perkembangan industri franchise di Indonesia dalam dua dekade ini didominasi oleh business opportunity. Mereka tumbuh di berbagai kota di Indonesia, kebanyakan dirintis oleh anak-anak muda, serta yang memiliki produk dan konsep bisnis yang unik dan kekinian.

Anak-anak muda pelaku usaha BO juga perlu pendampingan serta terus dimotivasi agar usaha mereka bisa lebih maju dan berkembang.

Penentuan BO potensial menggunakan metode penelitian desk research serta penjurian oleh tim riset Majalah Franchise Indonesia. Penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap 100 BO di seluruh kategori bisnis di bawah usia 3 tahun.

Adapun yang berhasil meraih The Best to Invest Awards 2020 ialah Ayam Dadar Bandung, Kopi Ruang Hati, Ngikan Yuk, Dapur serundeng, Mr Crispy, Hey Steak, Nasi Kulit Malam Minggu, Asetehe, Kuch2hotahu, Naakthaibun, Trians Brownies, Uncledazs, dan Nyopee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×