kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ini Penyebab Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) Naik 32% di Tahun 2021


Rabu, 30 Maret 2022 / 06:35 WIB
Ini Penyebab Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) Naik 32% di Tahun 2021


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) mencetak kinerja yang mumpuni sepanjang tahun lalu. Di mana, perusahaan sukses meraih pendapatan sebesar Rp 18,5 triliun atau meningkat 32% year on year (yoy) di sepanjang 2021.

Susanto Djaja, Presiden Direktur MTDL mengatakan, pertumbuhan kinerja MTDL pada tahun 2021 tak lepas dari kedua unit bisnisnya, yaitu Distribusi Digital dan Solusi & Konsultasi Digital. Sepanjang tahun 2021, unit bisnis Distribusi Digital didorong oleh penjualan smartphone, notebook, dan produk gaming, serta komponennya.

Sementara dari sisi lain pada unit bisnis Distribusi Digital juga didukung oleh omnichannel. Dia bilang, MTDL telah memberikan kemudahan untuk para dealer dengan memfasilitasi para dealer agar dapat berjualan dengan lebih mudah, baik secara online maupun secara offline melalui multiple-channel.

“Di tahun 2022, digitalisasi menjadi suatu kebutuhan sehingga permintaan akan produk maupun solusi digital terus meningkat. Melihat kondisi ini, kami menyadari bahwa potensi pasar yang harus digarap semakin besar, mulai dari Perbankan dan Layanan Keuangan, Telekomunikasi, Oil & Gas, dan masih banyak lagi,” jelas dia dalam keterangan resminya, Selasa (29/3).

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Metrodata Electronics (MTDL) Berikut Ini

Lebih lanjut dia mengatakan, MTDL juga terus berinovasi dengan menawarkan inisiasi baru, misalnya pada unit Solusi & Konsultasi Digital melalui anak usahanya PT Mitra Integrasi Informatika (MII), kemudian MTDL juga menyediakan Konverter BI- FAST System MII (KOMI) untuk membantu perbankan dalam bertransformasi digital.

Direktur MTDL, Randy Kartadinata menambahkan, raihan pendapatan  di 2021, MTDL juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 508,9 miliar yang meningkat 39% YoY. Sementara masing- masing kontribusinya, yakni pada unit bisnis Distribusi Digital meraih laba bersih sebesar Rp 505,9 miliar atau meningkat 41% YoY.

Di sisi lain, pada unit bisnis Solusi & Konsultasi Digital membukukan laba bersih sebesar Rp 255,9 miliar atau meningkat 36% YoY.

“Ke depannya kami optimis dapat meraih kinerja yang lebih baik lagi,” tambah Randy.

Sementara melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) terus menjadi distributor resmi berbagai perusahaan global untuk dapat terus melengkapi produk yang dibutuhkan pasar.

Informasi terbaru, SMI juga menambah kemitraan dengan Mendix untuk mendistribusikan platform Mendix all-in-one low code yang dapat membantu berbagai perusahaan dalam mengakselerasi pengembangan aplikasi digital melalui penggunaan cloud menjadi lebih cepat dan efisien.

 

 

Selain itu, MTDL juga berupaya untuk mencetak talenta digital melalui anak usahanya MII, yaitu dengan memiliki Metrodata Academy yang sudah melakukan berbagai pelatihan dan sertifikasi khususnya di bidang TIK Digital.

“MTDL optimis bahwa potensi pasar akan semakin besar dan akan terus memperlengkapi produk dan solusi digitalnya dengan memberikan layanan prima kepada para pelanggannya dan terus menambah berbagai kemitraan global,” tuturnya.

Melalui upaya dan strategi yang akan dijalankan tahun ini, perseroan optimis l dapat memperoleh pertumbuhan double digit pada tahun 2022.

“Serta, diharapkan MTDL dapat terus memperkuat bisnisnya sebagai digital transformation enabler di Indonesia dalam rangka percepatan digitalisasi,” tutup Susanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×