kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Pesan Erick Thohir kepada Serikat Pekerja PLN


Kamis, 07 April 2022 / 21:24 WIB
Ini Pesan Erick Thohir kepada Serikat Pekerja PLN
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan sambutan ditengah berlangsungnya acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2022 di Jakarta, Rabu (23/3/2022). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi Kantor Pusat PLN dan berbincang langsung dengan para pekerja PLN yang tergabung dalam Serikat Pekerja PLN serta pekerja milenial perusahaan plat merah tersebut dalam acara bertajuk Menteri BUMN menyapa SP PLN dan Milenial.

Pada awal sambutan, Erick mengatakan bahwa dirinya sempat mendapatkan cerita jika dahulu posisi Serikat Pekerja PLN sering berseberangan dengan Menteri BUMN dan Dirut PLN. Namun, saat ini Erick Thohir menjamin hal tersebut tidak lagi terjadi selama dirinya menjabat sebagai Menteri BUMN.

"Dirut (PLN) bisik-bisik, berkenan enggak ketemu sama sahabat pekerja di PLN. Ya berkenan saya, kita ini satu keluarga. Kita enggak mungkin sama-sama membangun sesuatu dengan perbedaan. Harus dengan persamaan, kadang-kadang perbedaan itu terjadi, tapi kita tinggal cari titik temunya," kata dia dalam keterangannya, Kamis (7/4).

Erick juga memastikan akan mengubah kebijakan yang membuat lemah posisi PLN. Oleh sebab itu, Erick meminta para pekerja PLN tidak khawatir dan meminta agar insan PLN bisa bekerja secara optimal membangun perusahaan energi tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir Tegaskan Restrukturisasi PLN Sebagai Bentuk Dukungan Transisi Energi

"Pak Dirut (PLN) bilang, ketika tidak ada satu visi diantara kita, kita mudah diintervensi. Kalau kita solid, menteri mendapatkan data dan fakta yang transparan, saya enggak ragu bersama PLN direksi bersama komisaris dan Semua mempertahankan eksistensi perjuangan PLN yang harus dilakukan. dan saya dalam menghadapi tekanan ini," ucap Erick Thohir.

Erick mengatakan jika PLN menjadi jantungnya Indonesia. Sebab, pertumbuhan ekonomi ke depan butuh banyak tenaga listrik. Sebagaimana saat ini pemerintah tengah gencar membangun ekosistem kendaraan listrik.

"Bagaimana mobil dan motor itu butuh listrik, industri butuh listrik. Indonesia secara ekonomi akan terus tumbuh sampai 2045 triliun. Artinya, apa yang diributkan? yang permaslaahan itu kalau kita ini sudah melakukan inovasi, kerja keras tapi ekonominya tidak tumbuh. ini tumbuh sampai 2045 triliun. Kerukunan menjadi kunci pertubuhan itu," tuturnya.

Dia juga bercerita, PLN saat ini tengah menghadapi tantangan luar biasa, seperti kelebihan pasokan (oversupply) listrik, tantangan berupa transisi energi, disruption in technology dan lain-lain. Namun untuk menjawab segala tantangan tersebut, dirinya telah membentuk holdingisasi di tubuh PLN.

Baca Juga: Erick Thohir Dorong PLN Lakukan Transformasi

"Roadmap kita jaga supaya PLN makin kuat. Tidak mungkin saya membentuk holding untuk memperlemah PLN. Juga karena holding itu bukan berarti saya mendukung liberalisasi. Justru kita balik, yang selalu saya bilang, kita harus membangun ekosistem kita sendiri," jelasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×