kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45739,25   -14,93   -1.98%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi bisnis Apexindo Pratama Duta (APEX) di semester II-2020


Rabu, 05 Agustus 2020 / 18:10 WIB
Ini strategi bisnis Apexindo Pratama Duta (APEX) di semester II-2020
ILUSTRASI. Rig jack up, Soehanah,  PT Apexindo Pratama Duta Tbk. Foto: DOK Apexindo

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) mengalami penurunan kinerja keuangan akibat dampak tekanan harga minyak global yang berpengaruh pada aktivitas hulu migas. Walau begitu, APEX akan terus memanfaatkan setiap peluang bisnis yang ada di sisa tahun ini.

Sebagai catatan, pendapatan APEX turun 19,39% (yoy) menjadi US$ 44,33 juta di semester satu lalu. Di saat yang sama, perusahaan ini juga menderita rugi bersih sebesar US$ 10,43 juta.

General Manager Corporate Finance & Investor Relations APEX Pretycia Darma menyatakan, APEX masih berusaha mendapatkan kontrak-kontrak jasa migas baru melalui serangkaian proses.

Baca Juga: Apexindo akui ada sejumlah pelanggan yang meminta renegosiasi harga sewa rig

Dalam hal ini, APEX akan terus aktif mengikuti berbagai survei pasar maupun prakualifikasi yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan energi di dalam dan luar negeri. “Walaupun proses tersebut terkadang tidak diikuti dengan proses tender,” tambahnya, Rabu (5/8).

Di sisi lain, bisa saja APEX memutuskan untuk tidak mengikuti proses tender apabila program yang ditawarkan oleh calon pelanggan tidak menguntungkan secara ekonomis. Misalnya, jumlah sumur yang direncanakan untuk dibor tergolong sedikit serta harga sewa rig yang ditawarkan oleh calon klien rendah.

Baca Juga: Cetak rugi bersih, kinerja Apexindo Pratama Duta (APEX) melempem di semester I-2020

Pretycia pun memastikan, APEX akan tetap melanjutkan penerapan strategi efisiensi dan pengendalian biaya dalam setiap kegiatan operasional perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan tersebut terhindar dari risiko berlanjutnya tekanan di industri migas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×