kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,39   -28,34   -2.94%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi bisnis Hascar Group kembangkan Fiat


Rabu, 17 April 2019 / 18:28 WIB
Ini strategi bisnis Hascar Group kembangkan Fiat


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pasar otomotif Indonesia saat ini memang dikuasai oleh merk Jepang, tetapi hal tersebut tak membuat merk negara lain gentar. Misalnya saja Hascar Group yang menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Sejak 2017 Hascar sudah mengakuisisi Garansindo International Motor untuk mengambil alih keagenan FCA yang menaungi merek-merek seperti Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo.

Sedangkan nama Hascar diluncurkan pada 1 December 2018. Hascar didirikan khusus untuk diajukan ke prinsipal FCA di Amerika Serikat (AS) sebagai pemegang bisnis di Indonesia.

Ari Utama, CEO Hascar Group, menjelaskan peluang di industry otomotif nasional memiliki potensi yang cukup besar. "Hanya tantangannya adalah dengan hadirnya beberapa brand baru, menjadi persaingannya sangat ketat," kata Ari kepada KONTAN, Rabu (17/4).

Meski demikian, Ari menilai potensi pasar otomotif yang besar saat ini adalah di kendaraan penumpang (passenger car). Khusunya untuk jenis kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). Oleh karena itu wajar, bahwa awalnya Hascar Group akan mengembangkan merk Jeep terlebih dahulu ketimbang merk lain dibawah FCA Group.

Untuk brand Jeep, akan fokuskan untuk segmen pasar SUV premium. Karena memang Jeep tidak memproduksi kendaraan di segmen lain selain SUV. "Di dunia tren kendaraan SUV saat ini memang sedang meningkat, begitupula di Indonesia, terlihat dari banyak nya varian SUV yang hadir di Indonesia dari brand-brand besar," katanya.

Ari menambahkan merk Jeep merupakan brand legendaris di Indonesia, maka Hascar Group melakukan penanganan yang tepat dalam menempatkan Jeep kepada target pasar-nya sebagai produk yang handal dengan ketahanan tinggi di berbagai jenis jalan khusunya di Indonesia. Alhasil tidak perlu pengembangan khusus brand ini dalam melakukan pemasarannya.

Adapun strategi yang dilakukan khususnya untuk Jeep yaitu memilih produk dengan design yang disukai dan harga yang sesuai dengan pasar di Indonesia. "Selain itu karena brand Jeep juga untuk mobil hobby maka kami juga melakukan pendekatan dengan komunitas-komunitas variant Jeep," tambahnya.

Hascar Group juga memperkenalkan tipe baru Jeep melalui pameran regular dan ikut serta pada gelaran bersekala seperti IIMS 2019. Untuk target penjualan merk Jeep di tahun 2019 antara 450 unit sampai 550 unit.

Dalam setahun ini, Hascar Group juga akan memperluas jaringan dealer. Targetnya sebanyak 11 dealer tahun 2019 ini yang tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang selatan, Surabaya, Bali, Medan dan Makassar.

"Dengan membuka sarana dealer resmi dengan kategori 3S (Sales, Service, Sparepats) itu merupakan salah satu upaya Hascar Group selaku APM Jeep untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan kami," jelas Ari.

Ada rencana kedepan untuk dapat mengembangkan merk lain selain Jeep. Selain itu Hascar juga berencana untuk merakit produk FCA di Indonesia. "Namun masih dalam pembicaraan dengan principal kami FCA," pungkas Ari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×