kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini update terbaru rencana jalan tol nontunai nirsentuh MLFF


Minggu, 28 November 2021 / 19:26 WIB
Ini update terbaru rencana jalan tol nontunai nirsentuh MLFF
ILUSTRASI. Arus kendaraan terpantau padat di ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyampaikan jika perkembangan implementasi sistem transaksi tol nontunai dan nirsentuh yang berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) masih melalui tahap perencanaan desain.

Sebagai informasi, sistem MLFF adalah inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di ponsel penggunanya.

Dengan teknologi dan sistem ini, mobil yang dikendarai keluar tol nantinya akan menghitung kalkulasi tarif sehingga pengguna tol tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran.

Baca Juga: Awal 2022, pengguna jalan tol di 40 ruas ini tidak perlu berhenti untuk bayar tol

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga menegaskan jika sistem dan operasional MLFF masih ditargetkan rampung maksimal pada Maret 2022 dan berusaha diimplementasikan serempak pada Desember 2022. Adapun mengenai investasi, proyek ini menelan anggaran sebesar Rp4,4 triliun.

"Saat ini masih dalam tahap perencanaan desain dan targetnya maksimum selesai pada Maret 2022 mendatang," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (28/11).

Mengenai tol yang akan mendapat kesempatan awal implementasi MLFF, Danang menyebutkan hal itu akan ditentukan pada Maret 2022 mendatang pula. Namun demikian, sesuai keputusan, total ada 40 ruas jalan tol yang mengadopsi sistem MLFF.

Ia melanjutkan, ruas tol di Metropolitan Jabodetabek, hingga alternatif lain di Tol Trans-Jawa. Adapun daftar 40 ruas jalan tol yang menjalankan sistem MLFF mulai dari tol Jakarta - Tangerang, Tangerang - Merak, Tol Prof Dr Sediyatmo, Tol JORR W1 Kebon Jeruk-Penjaringan, Tol JORR W2 Utara Kebon Jeruk-Ulujami,Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami, Tol Pondok Aren-Serpong, Tol JORR Non S (W2S-E1-E2-E3).

Baca Juga: Jalan tol nontunai nirsentuh MLFF mulai diterapkan akhir 2022

Lalu, Tol Tanjung Priok, Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, Tol Cawang-Tomang-Pluit, Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Depok-Antasari, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Tol Cinere-Jagorawi SS Cimanggis-SS Raya Bogor, Tol Bogor Ring Road, Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Tol Padalarang-Cileunyi, Tol Soreang-Pasir Koja, Tol Cikampek-Palimanan, Tol Palimanan-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang dan Tol Batang-Semarang.

Tol Semarang Section ABC, Tol Semarang Solo Seksi I, II, III, Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono, Tol Kertosono-Mojokerto, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Surabaya-Gempol,Tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda, Tol Surabaya-Gresik,Tol Gempol-Pasuruan,Tol Gempol-Pandaan, Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×