kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Investasikan US$ 200 Juta, MettaDC Bangun Fasilitas Data Center di Jababeka


Rabu, 26 Oktober 2022 / 15:24 WIB
Investasikan US$ 200 Juta, MettaDC Bangun Fasilitas Data Center di Jababeka
Presiden Direktur MettaDC Indonesia Sukoco Halim bersama Menkominfo Johnny G. Plate dan Kepala Staf Presiden Moeldoko  menghadiri peresmian data center MettaDC ID01, Rabu (26/10/2022).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MettaDC Teknologi Indonesia meresmikan fasilitas pusat data (data center) terbaru yang berada di Kawasan Industri Jababeka, Jawa Barat. MettaDC menginvestasikan dana sebesar US$ 200 juta untuk mengembangkan data center tersebut dengan kapasitas sebesar 35 megawatt (MW).

Presiden Direktur MettaDC Teknologi Indonesia Sukoco Halim menyampaikan, walau baru berdiri pada 2021, MettaDC telah membentuk reputasi sebagai penyedia data center yang mengutamakan kualitas. Ia pun mengaku, proses pengembangan data center yang dilakukan oleh MettaDC tidaklah mudah.

Apalagi, tahap peletakan batu pertama proyek tersebut berlangsung ketika puncak varian Delta Covid-19 mewabah di Indonesia.

“Beruntung pembangunan masih bisa dilaksanakan dengan baik tanpa ada insiden,” kata dia dalam sambutan, Rabu (26/10).

Baca Juga: 3 Tahun Transformasi Berkelanjutan Telkom Digital Bisa Kedaulatan Digital Indonesia

Fasilitas data center MettaDC ID01 ini dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektare, serta memiliki 4 jalur rute dark fiber optik yang mampu memfasilitasi IT Hall 3 lantai dengan skala kapasitas 3.000 rak dan sistem keamanan touchless atau nirsentuh hingga lebih dari 7 lapisan.

Data center MettaDC ID01 juga dirancang high density dengan ketahanan raised floor Data Hall yang mampu menahan beban berat sebesar 2,5 ton.

MettaDC pun berupaya menyediakan platform sistem data center terpadu untuk menyatukan semua elemen keamanan, interkoneksi, keandalan, dan efisiensi fasilitas infrastruktur digital. Hal ini untuk mengakselerasi dan memberikan nilai untuk bisnis para pelanggan seperti perusahaan keuangan, konten dan media digital, jaringan global, dan penyedia layanan cloud.

Lantas, fasilitas MettaDC ID01 di Jababeka ini akan menjawab tuntutan pertumbuhan pasar dan kebutuhan penyewa bersertifikasi independent dengan standar internasional tertinggi.

Sukoco melanjutkan, kenyamanan konsumen pun sangat diperhatikan oleh MettaDC. Data Center MettaDC ID01 dilengkapi dengan fasilitas Dedicated Working Space, Smart Meeting Room, Electric Staging Station, Entertainment Room, dan mobil operasional.

Fasilitas data center ini sudah lulus sertifikasi ISO 27001, 9001, PCI DSS, TVRA & Uptime Tier III Design. Saat ini, MettaDC ID01 sedang menjalani proses sertifikasi operasional TCCF dan TCOS.

Baca Juga: Infomedia Tawarkan Solusi Layanan Robotik Automation

Sukoco menyebut, kehadiran data center MettaDC ID01 merupakan langkah awal bagi pihaknya untuk mengembangkan lebih lanjut infrastruktur digital di Indonesia. Pembangunan fasilitas data center sudah dipastikan akan kembali dilanjutkan oleh MettaDC di masa mendatang.

“Dalam 5 tahun ke depan, kami akan mengembangkan lagi data center berkapasitas sampai 500 MW,” ungkap dia.

Kehadiran data center sangat dibutuhkan mengingat Indonesia memiliki banyak aplikasi digital yang menjadikan negara ini berpotensi menjadi pasar baru dalam industri teknologi mutakhir. Di samping itu, data center juga dibutuhkan untuk memastikan ketahanan dan kedaulatan data milik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×