kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IPEMI gelar pameran IKM 2-6 Desember 2019


Selasa, 03 Desember 2019 / 06:30 WIB
IPEMI gelar pameran IKM 2-6 Desember 2019
ILUSTRASI. IPEMI gelar pameran IKM 2-6 Desember 2019. (Tribunnews/Jeprima)

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak lama lagi, Indonesia akan memperingati ibu pada tanggal 22 Desember mendatang. Untuk itu, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan pameran Gemilang NTB bertajuk ‘Nusantara Tanpa Batas’ yang menghadirkan produk-produk IKM dari NTB selama 2-6 Desember 2019.

Acara yang berlokasi di Plasa Pameran Industri Kemenperin ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan IKM NTB agar bisa dikenal oleh khalayak luas.

“Salah satu kendala yang bisanya disampaikan oleh pra pelaku usaha, khususnya dalam skala kecil menengah itu adalah bagaimana mereka bisa memasarkan ke wilayah yang lebih luas lagi,” ujar Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil ketika ditemui usai pembukaan acara pameran pada Senin (2/12).

Baca Juga: Aplikasi yang memudahkan interaksi digital di perusahaan

Hadir di acara yang sama, Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawa Ningsih mengatakan bahwa NTB memiliki potensi kerajinan tenun serta mutiara yang besar untuk dikembangkan.

Pasalnya, setiap kabupaten di NTB diketahui memiliki satu atau bahkan lebih jenis tenun tersendiri. Oleh karenanya, Gati mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan industri IKM di NTB.

“Bagaimana caranya, SDM-nya harus dididik, mesin peralatannya harus dipenuhi, gimana caranya, dari dana dekonsenterasi dan DAK,” terang Gati ketika ditemui usai acara yang sama.

Baca Juga: Menengok mesin QR-EDC produksi Bandung, tingkat TKDN mencapai lebih dari 40%

Asal tahu saja, pameran produk-produk IKM yang diselenggarakan di Plasa Pameran Industri Kemenperin ini merupakan acara pameran IKM perdana yang diselenggarakan oleh IPEMI.

Ke depannya, IPEMI berencana untuk menjadikan acara pameran tersebut sebagai acara rutin tahunan guna memperkenalkan produk-produk IKM yang dihasilkan oleh IPEMI.

Sebagai informasi, setelah selang empat tahun sejak pendiriannya pada tanggal 21 April 2015 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, kepengurusan IPEMI sudah tersebar di 34 provinsi, di 341 kota dan kabupaten, serta enam negara yang meliputi Thailand, Jepang, Malaysia, Brunei, Turki, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: IKM di bawah naungan Astra Ventura didorong bertransformasi digital

Melalui jaringan yang sudah terbentuk, beberapa anggota IPEMI tercatat sudah melakukan ekspor ke negara-negara seperti Korea dan Jepang.

Selain diisi oleh pameran, acara ini juga dimeriahkan oleh acara penghargaan kepada sebanyak 86 perempuan yang dinilai memiliki kontribusi signifikan terhadap negara dengan bidang yang digeluti oleh masing-masing.

“Harapan saya ke depan, dengan adanya penghargaan ini bisa terus menyemangati perempuan Indonesia di mana pun berada untuk tidak berhenti berkarya, berkiprah dan tentunya memberikan kontribusi dalam memajukan masyarakat Indonesia, khususnya kaum perempuan Indonesia ke depan,” ujar Ingrid.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×