Reporter: Nadia Citra Surya |
JAKARTA. Tak mau kalah bersaing dengan Google yang agresif menggenjot penetrasi pasar smartphone lewat Android, Apple pun meluncurkan generasi terbaru iPhone. Produk itu adalah iPhone 3GS. Di Indonesia, peluncurannya dilakukan PT Telkomsel sebagai operator resmi produk Apple.
Telkomsel menawarkan iPhone 3GS untuk membidik segmen menengah ke atas. "Soalnya harga paket (bundling) berkisar mulai Rp 7 juta," kata Ricardo Indra, General Manager Corporate Communications Telkomsel, Senin (15/2). Nah, Telkomsel mulai memasarkan iPhone 3GS tersebut mulai Kamis (18/2) nanti.
iPhone 3GS memiliki kecepatan dua kali iPhone 3G dan dilengkapi sekitar 140.000 aplikasi, mulai dari games, layanan jejaring sosial, fitur perencanaan keuangan, hingga aplikasi informasi kesehatan. Kendati mengusung berbagai keunggulan khas telepon pintar, Ricardo memastikan ponsel ini tak bakal menyaingi popularitas BlackBerry. "BlackBerry mengunggulkan jejaring sosial sedangkan iPhone adalah ponsel multimedia," tegas Ricardo.
Handono Warih, General Manager Pemasaran XL Axiata, tak khawatir bahwa kehadiran teknologi baru iPhone akan menggerus pasar BlackBerry. "Pasarnya berbeda dan iPhone tertinggal jauh dalam jaringan produk, komunikasi, dan distribusi ketimbang BlackBerry," kata Handono.
Itu sebabnya, XL mantap menggandeng BlackBerry sebagai satu-satunya smartphone yang dipasarkannya. Januari 2010, penjualan BlackBerry XL mencapai 260.000 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News