CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Ipsos Rilis Peta Kompetisi E-Commerce di Indonesia 2022, Siapa Jawaranya?


Rabu, 20 April 2022 / 06:33 WIB
Ipsos Rilis Peta Kompetisi E-Commerce di Indonesia 2022, Siapa Jawaranya?
ILUSTRASI. Warga menggunakan gawainya untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan riset pasar (market research) global, Ipsos, menyampaikan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce di Indonesia.

Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia Lioni Halim membeberkan bahwa banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih platform e-commerce saat akan berbelanja online.

Kualitas dan harga produk, promosi, pilihan metode pembayaran, customer service, rating atau review toko menjadi pertimbangan. Di samping itu, layanan pengiriman yang ditawarkan juga mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e-commerce.

Baca Juga: Sudah Lebih Dulu Menggabungkan Media Sosial dengan Bisnis E-Commerce

"Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut cepat dan mudah dilacak," terang Lioni dalam rilis yang disiarkan Senin (18/4).

Adapun survei ini diadakan secara tatap muka pada bulan Januari 2022 lalu dengan melibatkan 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Kriteria layanan pengiriman dalam survei ini mencakup durasi pengiriman, variasi pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak (tracking) pengiriman

Ketiga hal tersebut dinilai sangat berkaitan satu sama lain dan penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen. Berdasarkan kriteria itu, hasil survei Ipsos dirangkum sebagai berikut:

Pertama, dilihat dari durasi pengiriman, mayoritas responden (52%) menilai Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), dibuntuti Lazada (43%), OLX (40%) dan Bukalapak (30%)

Kedua, variasi layanan pengiriman. Sebanyak 33% responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati Shopee dengan persentase 28%. Disusul Lazada (26%), Blibli (25%) dan OLX (20%).

Baca Juga: Saham GoTo Turun, Tenang Masih Ada Program Greenshoe dan Sahamnya di Target Rp 500

Ketiga, dilihat dari fitur pelacakan (tracking), 29% menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Disusul Shopee (18%), Lazada (16%), diurutan berikutnya ada Bukalapak dan Blibli masing-masing 11%.

Selain itu, dari sisi kualitas produk, survei Ipsos ini juga memotret mayoritas responden (74%) menilai produk-produk yang tersedia di Tokopedia memiliki kualitas yang baik. Kemudian Shopee dan Lazada dengan prosentase masing-masing 63%, Bukalapak (50%) dan OLX (40%).

Sedangkan dari sisi popularitas media sosial, Shopee menjadi yang paling populer di kalangan pengguna e-commerce dengan hasil 54%. Popularitas kedua ditempati media sosial Lazada dengan 41%, Tokopedia (40%), Bukalapak (21%) dan Blibli (29%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×