kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan Sumbang Konektivitas Kawasan Industri Jabodetabek


Selasa, 20 September 2022 / 10:56 WIB
Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan Sumbang Konektivitas Kawasan Industri Jabodetabek
ILUSTRASI. Jalan tol Cibitung-Cilincing resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (20/9). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jalan tol Cibitung-Cilincing resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (20/9). Jalan tol yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini akan menyumbang konektivitas kawasan industri Jabodetabek.

Kepala Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Danang Parikesit mengatakan, ruas Cibitung-Cilincing menjadi penting karena mengakomodasi kawasan-kawasan industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat. Pasalnya, hampir semua kawasan industri yakni 60%-70% itu berada di kawasan sebelah timur dari Jakarta.

"Dan ruas ini akan menghubungkan antara Cibitung hingga Cilincing dan selanjutnya Harapan kita bisa mengkoneksikan antara kawasan-kawasan industri ini langsung ke New Priok atau Pelabuhan Tanjung Priok," kata Danang dalam Peresmian Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9).

Baca Juga: Presiden Targetkan JORR 2 Selesai Tahun 2023

Total panjang ruas ini adalah 34,8 kilometer, dimana 2,65 kilometer sudah beroperasi. Sedangkan yang hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah ruas seksi 2 dan 3 sepanjang 24,75 kilometer.

Danang mengatakan, ruas tol Cibitung-Cilincing memiliki keunikan diantaranya terdapat Transit Hub, yang merupakan modifikasi pengembangan dari konsep rest area logistic.

"Rest area ini akan seluas 40 hektar yang harapan kita akan menjadi consolidation center, atau pusat konsolidasi dari kontainer yang akan masuk ke Tanjung Priok dan selanjutnya dwelling time yang ada di Tanjung Priok. Nah ciri khas inilah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas JORR 2," ungkapnya.

Sebagai informasi, ruas tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang jalan utama 34,76 kilometer dengan jumlah simpang susun sebanyak tiga lokasi yakni di Telaga Asih, Gabus dan Tarumajaya. Ruas tol ini memakan biaya investasi sebesar Rp12,91 triliun dan biaya konstruksi Rp7,48 triliun.

Adapun sederet manfaat dari adanya tol ini ialah, memperlancar konektivitas logistik, industri hingga mobilitas masyarakat mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jalan Tol Akses Tanjung Priok dan sebaliknya.

Baca Juga: Sebelas Jalan Tol Baru Hingga Akhir 2022 Lima Sudah Beroperasi

Kemudian, menghubungkan Kawasan Industri di Cikarang, Cibitung, dan sekitarnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok sehingga memberikan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik.

Mendukung akses rencana Rest Area dan Logistic Park dan New Priok Eastern Access (NPEA). Serta Membantu mengurangi beban traffic sekitar ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×