kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,44   -8,07   -0.86%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu Rampung dan Siap Dioperasikan


Selasa, 18 Oktober 2022 / 12:24 WIB
Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu Rampung dan Siap Dioperasikan
ILUSTRASI. Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu juga akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu saat ini telah rampung dan siap dioperasikan untuk dinikmati masyarakat. Jalan tol tersebut merupakan bagian dari Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dengan total keseluruhan mencapai sepanjang 95,8 km. 

Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menuliskan, Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu akan menjadi harapan baru masyarakat Bengkulu agar ekonomi meningkat lebih baik lagi. Adanya jalan tol tersebut akan menjadi tonggak perekonomian bagi masyarakat pesisir pulau barat di Sumatra baik dari dukungan logistik, barang, maupun jasa.

Jalan tol yang melintasi Provinsi Sumatra Selatan menuju ke Bumi Raflesia merupakan salah satu bagian dari ruas  utama Jalan Tol Trans Sumatra yang akan tersambung dari Lampung hingga Aceh.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Beroperasi pada Tahun 2022

Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu juga akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai. Pelabuhan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Kedua seksi lainnya dari Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yakni Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang (54,5 Km) dan Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung (23,7 Km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan. Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu nantinya akan memberlakukan sistem one gate, yakni dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di Betungan.

Pemerintah memastikan pemanfaatan jalan tol ini dapat digunakan secara optimal yakni meningkatkan konektivitas pariwisata yang akan berkunjung ke Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×