kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalur Lintas Selatan bisa dilewati kecepatan 5 Km per jam pasca KA Serayu anjlok


Jumat, 02 Oktober 2020 / 11:04 WIB
Jalur Lintas Selatan bisa dilewati kecepatan 5 Km per jam pasca KA Serayu anjlok
ILUSTRASI. Penumpang duduk di dalam rangkaian gerbong KA


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Evakuasi KA Serayu Pagi relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto yang anjlok pada Kamis (1/10/2020) pukul 17.25 WIB akhirnya selesai.

“Kini jalur selatan tersebut kembali normal dan bisa dilalui kereta dengan kecepatan 5 km per jam,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea saat dihubungi, Jumat (2/10/2020).

Noxy mengatakan, proses evakuasi dan perbaikan jalur selesai pada Jumat sekitar pukul 06.20 WIB. Setelah perbaikan jalur, KA pertama yang lewat di lokasi adalah KA Parcel (kereta barang) relasi Bandung-Surabaya Gubeng pada pukul 08.26 WIB.

“Sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dan gangguan perjalanan kereta api ini," ungkap Noxy.

Baca Juga: KA Serayu anjlok, ini daftar kereta yang dialihkan

Noxy mengungkapkan, evakuasi berjalan lancar dan aman meskipun prosesnya terbilang lama karena membutuhkan kecermatan dan dilaksanakan pada malam hari, serta lokasinya di posisi lengkung dan dalam keadaan hujan deras.

Setelah evakuasi, petugas segera memperbaiki jalur dan kini lokasi bisa dilewati dengan kecepatan 5 km per jam. "Kereta sudah bisa melewati lokasi dengan kecepatan 5 kilometer per jam dalam pengawalan dan pengawasan petugas," tambahnya.

Terkait dengan penyebab anjlokan, Noxy menyampaikan bahwa hal tersebut masih dalam penyelidikan. Imbas gangguan operasional ini terdapat tiga kereta api dari wilayah Daop 2 yang pola operasionalnya memutar ke utara melalui Cikampek, Cirebon, Purwokerto, dan kembali lagi ke lintas selatan melalui Kroya.

Kereta-kereta yang memutar adalah KA Turangga, Kutojaya Selatan, dan Kahuripan. (Kontributor Bandung, Reni Susanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-anjloknya KA Serayu Pagi, Jalur Lintas Selatan Bisa Dilewati dengan Kecepatan 5 Km Per Jam",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×