kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan cemas kena PHK, aplikasi Mountrash bantu dapatkan uang dari sampah


Senin, 11 Mei 2020 / 14:19 WIB
Jangan cemas kena PHK, aplikasi Mountrash bantu dapatkan uang dari sampah
ILUSTRASI. Aplikasi Mauntrash


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Di tengah lesunya aktivitas perekonomian, aplikasi usaha rintisan (Startup) di bidang pengelolaan sampah, Mountrash, memberikan solusi kepada semua orang untuk tetap mendapatkan penghasilan.

Aplikasi pengelolaan sampah Mountrash merupakan besutan dari PT Mountrash Avatar Indonesia. Mountrash sudah dapat diunduh pengguna mulai Oktober 2019. Namun, aplikasi tersebut terus melakukan pembenahan dan pembaharuan untuk memudahkan pengguna atau user.

Baca Juga: Pelaku UMKM pengolah sampai berhenti beroperasi terdampak wabah corona

Chief Executive Officer Mountrash Gideon Widjaja Ketaren mengatakan bahwa wabah corona of disease 2019 (Covid-19) telah menurunkan aktivitas perekonomian. Bahkan, menurutnya, tidak sedikit karyawan yang dirumahkan atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Mountrash terlebih dahulu di Playstore. Kemudian mengumpulkan sampah dan rongsokan di rumahnya, seperti botol plastik, kardus, dan lainnya," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (11/5).

Kemudian melalui aplikasi itu, sampah itu dijual dan dapat dikonversikan dalam nilai uang tertentu sesuai dengan jenis dan banyaknya sampah.

Gideon menambahkan bahwa bagi para pekerja yang terkena PHK dan ingin mendaftar Kartu Prakerja, bisa menukarkan sampah dengan kuota internet melalui aplikasi Mountrash sehingga bisa memperlancar aktivitas pendaftaran Kartu Prakerja.

"Jadi kami secara tidak langsung mendukung solusi mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Mountrash menjadi bagian dari solusi bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan, termasuk bersinergi dengan Kartu Prakerja dan manajemen pengeloaan sampah secara digital,” ujar lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Baca Juga: Jurus Danone-Aqua Menggaet Konsumen Lewat Sampah Plastik

Menurutnya, aktivitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH) di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) telah meningkatkan volume sampah rumah tangga.

Peningkatan jumlah sampah rumah tangga itu, kata dia, dapat menjadi peluang bagi semua pihak untuk menambah penghasilan melalui aplikasi Mountrash.

Gideon menjelaskan bahwa semua jenis sampah, seperti plastik, kardus, kertas, besi, kaca, dan lainnya yang dapat didaur ulang dapat dikonversikan menjadi uang melalui Mountrash.

Pengguna internet hanya perlu membuka Playstore, kemudian memasukkan nomor telepon seluler, memilih fitur jual (dengan memasukkan item barang yang dijual, misal sampah plastik dan kardus.

Selanjutnya, pilih sent data tersebut sampai muncul barcode dan screenshot barcode untuk dikirim melalui nomor WhatsApp Mountras 082210108789. Selanjutnya, Mountras akan melakukan penjemputan sampah tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×