kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Januari-Juli, belanja iklan capai Rp 82,1 triliun


Rabu, 13 September 2017 / 20:26 WIB
Januari-Juli, belanja iklan capai Rp 82,1 triliun


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Belanja iklan Januari-Juli, masih menunjukkan tren peningkatan. Jika, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016, pertumbuhan belanja iklan tumbuh 6% yang lebih dikarenakan oleh kenaikan tarif. Telekomunikasi dan Layanan Online tumbuh hingga 30%.

Berdasarkan hasil temuan, Nielsen Advertising Information Services yang dirilis hari ini, Rabu (13/9) oleh Nielsen Indonesia, belanja iklan di TV dan media cetak di sepanjang Januari hingga Juli 2017 mencapai Rp 82,1 triliun.

Untuk periode Januari hingga Juli 2017, kategori produk yang mendorong pertumbuhan antara lain Telekomunikasi dan Layanan Online yang masing-masing tumbuh 32% dan 31% hingga mencapai Rp 3,7 triliun dan Rp 3,2 triliun.

Pertumbuhan di kategori Telekomunikasi ini dipengaruhi oleh belanja iklan Vivo smartphone yang meningkat 59 kali dibandingkan tahun lalu hingga mencapai Rp 462,4 miliar. Angka ini Disusul dengan Samsung dengan belanja iklan mencapai Rp 372,1 miliar dan meningkat sebesar 14 kali dari belanja iklan di tahun 2016.

Adapun untuk kategori Layanan Online, tiga pengiklan terbesar dan pendorong pertumbuhan untuk periode ini adalah Traveloka, Agoda, dan Shopee.

“Gaya hidup konsumen yang semakin mendekat ke arah digital mempengaruhi ketatnya kompetisi para penyedia jasa telekomunikasi dan layanan online khususnya e-commerce sehingga pengiklan semakin gencar beraktivitas di berbagai media. Terbukti pertumbuhan belanja iklan kedua kategori produk ini sangat kuat pertumbuhannya dibandingkan dengan kategori produk pengiklan terbesar lainnya” ujar Hellen Katherina, Executive Director, Head of Media Business, Nielsen Indonesia dalam siaran pers yang diterima KONTAN, hari ini (13/9).


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×