kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,00   -6,04   -0.60%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Jaring Startup Digital, HUB.ID Accelerator 2022 Roadshow ke Enam Kota


Rabu, 06 Juli 2022 / 23:30 WIB
Jaring Startup Digital, HUB.ID Accelerator 2022 Roadshow ke Enam Kota
ILUSTRASI. HUB.ID Accelerator 2022 melanjutkan rangkaian acara melalui promotional roadshow di enam kota di Indonesia.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah resmi membuka registrasi pada 11 Juni 2022 lalu, HUB.ID Accelerator 2022 melanjutkan rangkaian acara melalui promotional roadshow di enam kota di Indonesia. Promotional roadshow digelar di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Semuel A. Pangerapan menjelaskan, penyelenggaraan program HUB.ID Accelerator 2022 merupakan bagian dari strategi menyukseskan akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Untuk mendukung upaya tersebut diperlukan pengembangan ekosistem digital dengan melibatkan tiga komponen penting. Meliputi infrastruktur, dukungan regulasi, serta ketersediaan talenta digital yang mumpuni.

Baca Juga: Kembangkan Ekosistem Startup, Menkominfo: Pemerintah Beri Stimulus Pelatihan Digital

HUB.ID Accelerator 2022 merupakan program yang memfasilitasi kegiatan business matchmaking bagi startup digital. Program ini mempertemukan mereka dengan mitra dari pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor untuk menjaring ekosistem startup digital di Indonesia.

"Kita patut bangga dengan semakin meningkatnya semangat digital entrepreneurship di kalangan anak muda yang ditunjukkan semakin banyak startup digital yang tumbuh dan berkembang. Seluruh teknologi digital yang tersedia sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri dari dalam negeri," kata Semuel dalam rilis yang disiarkan Rabu (6/7).

Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna menambahkan, target yang akan difasilitasi adalah 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds sampai dengan pre-series A. "Banyak fitur program yang kita laksanakan di HUB.ID Accelerator dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis dan investor," sebut Nyoman.

Baca Juga: Buka Registrasi HUB.ID Accelerator 2022, Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang

Tubagus Syailendra selaku CEO Chickin dan salah satu alumni program HUB.ID Accelerator menyampaikan apresiasi atas program ini. "Melalui HUB.ID, kami menemukan banyak ide dan akses kolaborasi dengan berbagai mitra bisnis termasuk melalui jaringan yang diberikan mentor," ujar Tubagus.

Adapun setelah mendapatkan 25 startup digital pada lima vertikal bisnis dengan kualifikasi yang telah ditetapkan, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan. Dimulai dari business mentoring, pitch training, business matchmaking, networking session, demo day, dan global immersion bagi lima startup terbaik.

Rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang. Registrasi program HUB.ID Accelerator 2022 telah resmi dibuka pada 11 Juni 2022 melalui laman www.hub.id dan akan ditutup pada 10 Juli 2022.

Startup digital yang dicari untuk mengikuti HUB.ID Accelerator adalah yang memiliki fokus bisnis pada sektor financial services, B2B & enterprise solution, logistic/supply chain, SME enabler, serta agri & aquaculture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×