kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaringan internet Telkomsel paling stabil di 382 Kota/Kabupaten


Rabu, 09 September 2020 / 09:52 WIB
Jaringan internet Telkomsel paling stabil di 382 Kota/Kabupaten
ILUSTRASI. Kenyamanan Belajar Jarak Jauh: Guna menjamin kenyamanan pengalaman pelanggan dalam menunjang aktivitas digital di masa pendemi ini, Telkomsel berkomitmen untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan melakukan sejumlah aktivitas seperti pengamanan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti meminta, bantuan Paket Pulsa kepada siswa dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan respon atas permintaan masyarakat yang disampaikan kepada komisi X DPR RI, dalam Rapat Panja PJJ. 

Agustina mengingatkan, dalam hal memilih operator, pemerintah harus memilih yang sudah teruji, dengan jangkauan jaringan internet kuat stabil, juga sistem yang baik, agar proses belajar dapat berjalan lancar.

Karena itu, Kemendikbud dinilai perlu bermitra dengan operator telekomunikasi dengan sistem yang baik, jangkauan luas, dan kualitas yang terjamin, agar akses internet yang didapat bisa optimal.

Baca Juga: Kemenkeu jelaskan dua jenis subsidi pulsa untuk mahasiwa

Agustina juga mengingatkan, jangan sampai dana yang berasal dari APBN disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Karena itu, jangan sampai Kemendikbud salah memilih operator telekomunikasi sehingga pulsa yang diberikan ke guru atau peserta didik tidak bisa dimanfaatkan untuk proses PJJ.

“Tugas pemerintah mengawal supaya bantuan tepat sasaran dan bermanfaat, sehingga pemilihan jaringan harus yang telah teruji, jangkauan luas dan stabil, sistemnya tidak merugikan siswa,” tegas Agustina dalam keterangannya, Rabu (9/9).

Sebagai referensi kualitas sinyal operator bisa merujuk laporan Opensignal maupun melalui aplikasi Speedtest oleh Ookla yang dapat diakses publik secara bebas dan realtime. 

Berdasar data SpeedTest/Ookla per Juli 2020 yang dikompilasi, dimana data tersebut bisa diakses publik, Telkomsel memiliki jaringan dan kecepatan internet lebih stabil, merata, di hampir semua daerah.

Di mana pada pada pengukuran download, Telkomsel unggul sebagai operator nomor 1 di 382 Kota/kabupaten, lalu sebagai operator nomor 2 di 98 kota/kabupaten , lalu sebagai operator no 3 di 14 kabupaten kota.

Baca Juga: Universitas Indonesia memberlakukan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru

Telkomsel memang ada beberapa yang masuk diperingkat 2 dan 3, namun lebih menandakan banyaknya pelanggan yang dimiliki atau bisa juga operator yang peringkatnya 1 di lokasi yang sama dengan Telkomsel, kalah jumlah pelanggannya sedikit sehingga speed-nya masih berlimpah.

Ini wajar mengingat prinsip internet yang berbagi, makin banyak pengguna kecepatan cenderung turun.




TERBARU

[X]
×