kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga akan Menambah Lajur Jalan Tol, Antisipasi Macet Saat Libur Nataru


Sabtu, 17 Desember 2022 / 10:40 WIB
Jasa Marga akan Menambah Lajur Jalan Tol, Antisipasi Macet Saat Libur Nataru


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan memfungsikan penambahan satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta (dari tiga lajur menjadi empat lajur) mulai Km 50 s.d Km 67 sepanjang 16,3 KM menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jasa Marga juga mempersiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang s.d Kutanegara) sepanjang 8,5 Km.

Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif untuk kendaraan kecil golongan 1 non bus pada arus balik jika terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun jalur ini perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan nasional Karawang, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat Km 47.

Baca Juga: Pastikan Kelancaran Saat Libur Nataru, JMRB Maksimalkan Pelayanan di Rest Area

Corporate Communication & Community Development Group Head Lisye Octaviana JSMR mengatakan jalur ini akan mulai beroperasi mulai minggu depan.

Jalur Tol Fungsional ini merupakan strategi yang dilakukan Jasa Marga dalam mengantisipasi lonjakan volume kepadatan kendaraan lalu lintas dark arah arus balik Bandung-Jakarta.

Pasalnya Sering terjadi kepadatan kendaraan saat pertemuan arus kendaraan di Jalur Tol Dawuan dan Kalihurip Utama.

“Jadi di sini kita akan buka jalur ini sesuai situasional sebagai jalan tol fungsional bukan untuk sepenuhnya beroperasi, Ketika ada kepadatan nantinya kita akan sarankan untuk kendaraan kecil bisa melewati jalur fungsional ini,” kata Lisye Jumat (16/12).

Lisye mengatakan Jalan Tol Japek Selatan ini akan mulai beroperasi minggu depan. Perlu diketahui pengendara dibebaskan tarif saat melewati gerbang tol Kutanegara, mengingat Jalan Tol Japek ini juga masih dalam pembangunan dengan kesiapan infrastruktur sebesar 96%, dan dipastikan belum dapat dibuka operasionalnya.

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Saat Nataru, Ini Upaya yang Dilakukan Jasa Marga

Jasa Marga memperkirakan kepadatan kendaraan akan terjadi di saat Natal tanggal 25 Desember 2022, Dan saat Tahun Baru tanggal 1 Januari 2023.

Lisye mengatakan untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek memiliki kapasitas kendaraan sebanyak 2.900 unit per harinya dengan arus lalu lintas standar dan kecepatan normal.

Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam mengatur lancarnya lalu lintas selama libur Nataru.

“Kita menghimbau kepada para pengendara dan pengguna jalan agar berhati-hati dan menjatuhkan kecepatan normal saat melewati jalur tol fungsional Japek, karena saat ini pembangunan belum sepenuhnya selesai sehingga banyak tanah merah dan juga intensitas curah hujan,” kata Lisye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×