kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga (JSMR) Dukung Rencana Pengembangan Sistem Transaksi Berbasis MLFF


Senin, 07 Februari 2022 / 22:10 WIB
Jasa Marga (JSMR) Dukung Rencana Pengembangan Sistem Transaksi Berbasis MLFF


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sistem transaksi tol non-tunai nir-sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal segera diterapkan di Indonesia. Hal ini menyusul ditetapkan Roatex Ltd yang merupakan pemrakarsa proyek sebagai pemenang lelang.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) pun siap mendukung program pemerintah dalam rangka penerapan sistem transaksi tol non-tunai nir-sentuh berbasis MLFF tersebut.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan komunikasi kepada para pemangku kepentingan pelaksanaan sistem transaksi MLFF tersebut.

Komunikasi intens ini dinilai perlu dilakukan untuk memastikan sistem tersebut dapat lebih efisien terhadap layanan pengusahaan jalan tol ke depan.

Baca Juga: Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Bakal Naik dalam Waktu Dekat

 

Tak hanya itu, Dwimawan bilang, bahwa sistem tersebut nantinya harus bisa mengakomodasi kebutuhan dan keinginan pengguna jalan, serta memberi nilai tambah nyata terhadap layanan pengusahaan jalan tol.

"Kemudian mendukung terciptanya proses pelaksanaan pengumpulan tol berdasarkan tata kelola yang baik," jelas dia kepada Kontan.co.id, Senin (7/2).

Lebih lanjut, Dwimawan menyebut, JSMR juga harus memastikan bahwa sistem MLFF ini dapat menghasilkan proses transaksi yang lebih efektif secara operasional dan memastikan data pembayarannya akurat dan aman.

"Serta meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi," pungkas dia.

Sistem transaksi non-tunai berbasis MLFF ini menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nir-sentuh untuk menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di Indonesia.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) siapkan proses migrasi sistem pembayaran nirsentuh berbasis MLFF

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melalui Surat Menteri PUPR Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021, telah menetapkan Roatex Ltd sebagai pemenang lelang.

"Dengan diimplementasikannya sistem ini pengendara tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa, sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien," ungkap Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

Roatex Ltd Zrt pun telah membentuk perusahaan sebagai badan usaha pelaksana sistem transaksi tol non-tunai nir-sentuh berbasis MLFF dengan nama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

Proyek ini diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hungaria Victor Orbán ke Indonesia pada 2016 lalu. Hungaria menginvestasikan Rp 4,5 triliun ke dalam proyek transaksi tol non tunai nirsentuh ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×