kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45888,37   -12,45   -1.38%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga (JSMR) Gandeng UMK Mitra Binaan untuk Berpartisipasi dalam Inacraft 2023


Jumat, 03 Maret 2023 / 18:22 WIB
Jasa Marga (JSMR) Gandeng UMK Mitra Binaan untuk Berpartisipasi dalam Inacraft 2023
ILUSTRASI. Booth UKM binaan Jasa Marga pada pameran Inacraft 2023.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) turut berpartisipasi dalam pameran The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2023) di Jakarta, yang berlangsung pada periode 1-5 Maret 2023.

Dalam ajang Inacraft tahun ini Jasa Marga menggandeng dua Usaha Mikro Kecil (UMK) yang merupakan Mitra Binaan Jasa Marga, yakni, Al-Ghifari yang bergerak dibidang produk kerajinan kulit, dan Batik Masniri yang menjual produk kain batik.

Turut hadir dalam acara Pembukaan Inacraft 2023 pada Rabu (1/3), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam sambutannya Sandiaga mengatakan Bapak Presiden sangat bangga dengan adanya pameran ini. Beliau mengucapkan selamat atas terselenggaranya pameran ini dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Bupati Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Catatkan Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2022

“Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 5 Maret 2023. Tahun ini kita mengundang pembeli dari luar negeri seperti Brunei, Malaysia, Mesir dan Maroko dengan tujuan agar dapat melakukan tukar menukar kerajinan,” jelas Sandiaga Uno, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (3/3).

Tujuan diadakan acara Inacraft 2023 adalah untuk membangun semangat para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat berkiprah di perdagangan domestik dan menuju global.

Tahun ini, pameran diikuti oleh 1.200 peserta perwakilan dari mitra binaan Instansi, Kementerian, Dinas, perusahaan BUMN dan industri kreatif. Di tahun sebelumnya, Inacraft 2022 berhasil dikunjungi 170 ribu pengunjung dengan total transaksi senilai Rp 143 miliar.

Corporate Communication & Community Development Group Head, Lisye Octaviana menjelaskan bahwa, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol dan dekat dengan aktivitas masyarakat selalu berkomitmen mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMK yang tergabung dalam mitra binaan Jasa Marga.

“Jasa Marga juga telah memfasilitasi tempat promosi serta mengembangkan Koperasi dan UMKM di ruang publik milik BUMN dengan ikut dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian BUMN, yang dilaksanakan di Rest Area Km 260 B Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada bulan Juli 2022 lalu,” ujar Lisye.

Selain menyediakan sarana promosi, Jasa Marga juga turut serta dalam melaksanakan berbagai program UMKM seperti pelatihan dan sertifikasi halal, serta pengembangan desa wisata, seperti Balkondes Majaksingi dan Taman Tresno yang menjadi bukti kepedulian Jasa Marga dalam mengembangkan potensi UMKM dan wisata masyarakat desa binaan dari Jasa Marga.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Bukukan Laba Bersih Rp 2,75 Triliun pada 2022

Di 60 Rest Area yang telah beroperasi di ruas Jasa Marga Group, telah mengakomodasi rata-rata 70% UMKM dan telah melebihi ketentuan minimal (sebanyak 30%) sesuai ketentuan dari Peraturan Menteri PUPR No. 02 Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×