Reporter: Raymond Reynaldi |
JAKARTA. Sekretaris Jenderal Electronic Marketer Club (EMC) Agus Soejanto bilang, kawasan Jawa-Bali dengan porsi 50% tetap menjadi kontributor terbesar atas nilai penjualan barang elektronika Januari lalu.
“Tetapi dari segi growth malah daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera yang tertinggi,” tutur dia.
Data emc menyebutkan, penjualan barang elektronika selama Januari 2010 mencapai Rp 1,946 triliun, naik 4% dibanding realisasi Desember 2009 sebesar Rp 1,873 triliun.
Pada Januari, penjualan semua jenis produk televisi menempati urutan teratas dari segi unit. Dimana, volume televisi yang laku mencapai 339,057 unit. Disusul oleh kulkas sebanyak 214,561 unit, dan video/disk player sebanyak 203,595 unit.
Namun, data EMC juga menunjukkan, dari tiga kategori produk dengan volume penjualan terbesar tersebut, hanya televisi dan video/disk player yang mengalami pertumbuhan positif dibanding posisi Desember 2009.
Untuk televisi mengalami pertumbuhan 3,1% dari 328,768 unit, kemudian video/disk player sebesar 24,7% dari 163,249 unit. Sedang, kulkas malah melorot 0,8% dibanding posisi akhir tahun lalu sebanyak 216,292 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News