kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaya Trishindo (HELI) Berhasil Catatkan Laba Sepanjang 2023


Kamis, 21 Maret 2024 / 15:50 WIB
Jaya Trishindo (HELI) Berhasil Catatkan Laba Sepanjang 2023
ILUSTRASI. PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) emiten penyewaan helikopter berhasil memperbaiki kinerja keuangan


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2023, PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) emiten penyewaan helikopter berhasil memperbaiki kinerja keuangan mereka dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 600 juta. 

Sebelumnya, sepanjang 2022 karena terdampak Covid-19, HELI membukukan rugi bersih sebelum pajak sebesar Rp85,80 miliar dan rugi Tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp85,57 miliar.

Tercapainya laba bersih tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan yang signifikan, yakni dari 44,56 miliar pada tahun 2022 menjadi sekitar Rp 69,08 miliar di penghujung tahun 2023. 

Baca Juga: Apa itu UMA pada Saham? Ini Sejarah, Kriteria Emiten, dan Tips Menghadapinya

Direktur Utama Jaya Trishindo Edwin Widjaja mengatakan, lonjakan pendapatan berasal dan adanya sejumlah kontrak baru yang berhasil dikantongi perseroan. Salah satunya adalah kontrak yang diperoleh melalui anak usaha mereka, yaitu PT Komala Indonesia. 

Pada pertengahan 2023, Komala menandatangani kontrak kerja sama dengan dua perusahaan pemilik izin konsesi hutan di Indonesia.

Komala Indonesia menyediakan jasa sewa masing-masing satu unit helikopter pada kedua perusahaan itu guna mengantisipasi penanganan kebakaran hutan yang terjadi di area konsesi milik mereka. Periode kerja sama berlangsung selama dua tahun untuk masing-masing perusahaan atau sampai dengan 2025 dan dapat diperpanjang satu tahun berikutnya, yakni hingga 2026.

"Total nilai kerja sama baru dengan kedua perusahaan ini sekitar Rp 200 miliar untuk kurun waktu dua tahun," ujar Edwin melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan, Kamis (21/03).

Sepanjang 2023, HELI berhasil menjaring 12 klien baru, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah klien baru perseroan pada tahun 2022 yang sebanyak enam perusahaan. Total klien HELI hingga akhir 2023 mencapai 18 perusahaan. Sebanyak 14 perusahaan menyewa helikopter untuk pengantaran tamu khusus (VIP) dan logistik dan dua perusahaan untuk penanggulangan kebakaran hutan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merupakan salah satu klien yang menyewa helikopter perseroan tahun lalu untuk keperluan penanganan bencana dan satu perusahaan lainnya menyewa untuk peliputan MotoGP di Mandalika.

 

Selain kontrak baru, membaiknya kinerja keuangan perseroan juga disebabkan strategi efisiensi jitu yang berhasil dieksekusi oleh manajemen HELI. Edwin mengungkapkan, pengetatan belanja yang dilakukan tahun lalu mampu menekan beban umum perusahaan hingga 29% yoy.

la optimistis, pertumbuhan kinerja positif perseroan akan berlanjut tahun ini mengingat kebutuhan penggunaan helikopter, baik untuk memenuhi kebutuhan transportasi logistik, penanganan bencana maupun keperluan wisata oleh tamu-tamu VIP, diperkirakan masih akan tinggi.

"Kami berencana menambah satu hingga dua unit helikopter tahun ini. Sejalan dengan itu, kami yakin pendapatan akan terus tumbuh," pungkas Edwin. 

Sebagai catatan, saat ini, HELI memiliki enam armada helikopter dan satu pesawat tipe Cessna. Jika rencana penambahan helikopter terealisasi, maka perseroan akan menambah dua armada lagi tahun ini. 

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×