kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jelang Idul Adha, Berdikari Pasok 450 ekor Sapi bebas PMK dari Sidrap, Sulsel


Senin, 20 Juni 2022 / 08:48 WIB
Jelang Idul Adha, Berdikari Pasok 450 ekor Sapi bebas PMK dari Sidrap, Sulsel
Pengiriman sapi bebas Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) dari Sidrap, Sulsel, untuk persiapan Hari Raya Idul Adha oleh PT Berdikari.

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional dan BUMN Holding Pangan ID FOOD Group sektor Peternakan PT Berdikari terus memasok ketersediaan sapi bebas Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) untuk persiapan Hari Raya Idul Adha.

Kepala Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) bersama Asisten Deputi Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Direktur Utama PT Berdikari, Direktur PT Berdikari United Livestock (BULS) dan jajaran memantau secara langsung bongkar muat kedatangan 450 ekor sapi dari Sidrap Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta melalui fasilitas tol laut sinergi Kementerian Perhubungan.

“Kami terus mendatangkan ketersediaan sapi untuk memenuhi kebutuhan hari Raya Idul Adha, khususnya di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. Alhamdulillah hari ini kita telah menerima 450 ekor sapi milik PT Berdikari yang dipelihara di Farm Sidrap milik anak perusahaan Berdikari, PT BULS,” kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Minggu (19/6).

Baca Juga: Hati-hati Sapi Terinfeksi PMK, Kenali Ciri-cirinya Sebelum Membeli Hewan Kurban

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya akan terus mengintensifkan mobilisasi sapi dari sentra produksi ke konsumen sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan daging, ada sapi hidup, ada daging sapi beku.

“Mobilisasi ini dilakukan berkelanjutan dan pasokan sapi dari daerah yang aman dan bebas PMK, kami pun juga mengurangi kedatangan sapi dari daerah yang terdampak PMK.”terangnya.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan, Andre Mulpyana mengatakan, Kementerian Perhubungan bersama BUMN Pangan, Otoritas Pelabuhan dan Pelindo mendukung optimalisasi logistik pangan melalui kapal ternak fasilitas tol laut memenuhi kebutuhan pangan jelang Idul Adha.

“Dan ini untuk kedua kalinya sinergi logistik pangan dengan ID FOOD Group setelah sebelumnya pendistribusian pangan minyak goreng dan gula dengan memanfaatkan fasilitas tol laut,” tutur dia.

Baca Juga: Inilah Daftar Harga Kambing/Domba & Sapi Kurban 2022, Untuk Panduan Sebelum Beli

Sementara itu, Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara menambahkan bahwa realisasi mobilisasi sapi - sapi sinergi NFA, Kemenhub dan PT BULS ini merupakan pemerataan hewan ternak sehat yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan kurban di hari Idul Adha. Saat ini stok Berdikari menjadi 1.494 ekor sapi yang tersedia di kandang Jatitujuh, Cikampek dan Subang Jawa Barat.

Selain itu, untuk menjaga ketersediaan stok daging sapi, Berdikari juga telah merealisasikan seluruh kuota penugasan pemerintah yang diterima bulan Maret 2022 sebanyak 20.000 MT dengan mendatangkan daging sapi beku Brazil yang akan masuk secara bertahap pada bulan Juni ini s/d September 2022 sebagai pemenuhan kebutuhan konsumsi daging nasional.

“Daging sapi beku yang didatangkan Berdikari dipastikan sehat dan bebas PMK berdasarkan hasil PCR yang telah dilakukan oleh Pusat Veteriner Farma, Ditjen PKH Kementerian Pertanian,”ungkap Harry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×