kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Idul Adha, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG


Sabtu, 15 Juni 2024 / 16:46 WIB
Jelang Idul Adha, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG
ILUSTRASI. Pengendara mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite di spbu pertamina Parigi, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (29/5/2024). Pertamina Patra Niaga mengatakan, konsumsi jenis bahan bakar minyak khusus penugasan (JBKP) atau Pertalite akan berkisar 32,1 juta kilo liter (KL) hingga 32,2 juta KL di 2025. Angka tersebut naik dari konsumsi Pertalite di 2024 yang diperkirakan mencapai 31,60 juta KL./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/29/05/2024.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengamankan pasokan BBM dan LPG jelang Idul Adha 1445 H. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan energi masyarakat selama masa libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Pjs. Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Muslim Dharmawan menyampaikan bahwa pasokan BBM dan LPG menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H di wilayah Regional Jawa Bagian Barat (JBB) yang meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat secara umum dalam kondisi aman.

Baca Juga: Pertamina Tambah Pasokan Solar dan LPG 3 Kg Jelang Idul Adha

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat juga melakukan antisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG yang diakibatkan meningkatnya mobilitas masyarakat dan kebutuhan memasak selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 H di masing-masing wilayah Sales Area Retail dengan menambah stok BBM dan LPG, termasuk meningkatkan kehandalan fasilitas dan pelayanan di lembaga penyalur seperti SPBU dan agen/pangkalan LPG.  

“Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM selama periode sebelum hingga libur Iduladha, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melakukan build-up stock di SPBU masing-masing wilayah Sales Area Retail sesuai dengan kebutuhan dan tren konsumsi dalam beberapa hari ke depan,” ungkap Muslim dalam keterangan resmi, Jumat (14/6).

“Sebagai contoh, untuk biosolar kita tingkatkan stoknya sekitar 2.000 Kiloliter (KL) per hari jelang Idul Adha. Sementara untuk produk lain disesuaikan dengan kebutuhan,” tambah Muslim.

Baca Juga: Pertamina Cetak Laba Rp 72 Triliun pada Tahun 2023

Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan SPBU prioritas seperti di Rest Area, Pelabuhan dan jalur strategis lainnya untuk mengantisipasi adanya antrian. Pertamina menghimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying karena Pertamina terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. 

Untuk itu, selain memastikan stok di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat juga melakukan penambahan stok tabung LPG 3 kg sebesar 1,35 juta tabung yang disiapkan secara fakultatif di Hari Raya Idul Adha 1445 H.

“Sebanyak 1,35 juta tabung LPG 3 kg secara fakultatif disiapkan di Hari Raya Idul Adha di wilayah Regional Jawa Bagian Barat. Dengan adanya penambahan ini, kami berharap agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi serta merasa tenang selama libur dan cuti bersama Idul Adha tahun 2024 ini,” ungkap Muslim.

Baca Juga: Penjualan Pertalite akan Dibatasi, Cek Harga BBM Hari Ini, Pertamax, Shell BP

Lebih lanjut, Muslim menjelaskan bahwa pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk membeli produk LPG khususnya produk Elpiji 3 kg di lembaga penyalur atau pangkalan LPG resmi Pertamina untuk menjamin harga beli tabung LPG 3 kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah Daerah masing-masing wilayah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×