kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur hingga 70 Gbps di Labuan Bajo


Rabu, 03 Mei 2023 / 21:06 WIB
Jelang KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur hingga 70 Gbps di Labuan Bajo
ILUSTRASI. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memastikan kesiapan seluruh infrastruktur telekomunikasi jelang KTT ASEAN yang akan digelar di Labuan Bajo, NTT.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah menyiapkan infrastruktur termasuk backup-nya serta layanan telekomunikasi guna memenuhi kebutuhan hingga lonjakan trafik selama KTT ASEAN 2023 berlangsung di Labuan Bajo. 

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko menyatakan bahwa secara umum Telkom telah melakukan pengamanan sistem komunikasi kabel laut, mempersiapkan BTS Telkomsel dengan coverage 4G dan 5G, serta peningkatan kapasitas bandwidth.

"Persiapan jaringan yang dilakukan dari sisi Telkom sudah diselesaikan namun masih memerlukan proses untuk integrasi dengan venue-venue krusial dalam penyelenggaraan ini, seperti venue utama, media center, dan lainnya," ungkap Herlan, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (3/5). 

Jika diperinci, TLKM  menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui kabel optik laut, kabel optik darat, dan radio microwave dengan total kapasitas bandwidth 70 Gbps serta jalur yang beragam dan saling backup.

Baca Juga: Mitratel (MTEL) Punya 1.021 Menara dan 1.311 Penyewa Baru di Kuartal I-2023

Selain itu, terdapat 48 Base Transceiver Station baik 4G maupun 5G milik Telkomsel yang siap melayani lebih dari 70 ribu pengguna, 209 access point, dan 3 Satellite News Gathering (SNG).

Sementara untuk venue utama KTT ASEAN 2023 sendiri, lanjut Herlan, TLKM menyiapkan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 2x10 Gbps. Keseluruhan layanan ini akan didukung oleh 300 personel baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama event akbar ini berlangsung.

Rencananya, KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri 11 kepala negara dari semua anggota ASEAN dan negara sahabat. Delegasi yang menyertai para kepala negara diperkirakan mencapai 550 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×