kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Mudik Lebaran 2023, Batik Air Siapkan 67 Pesawat Untuk Dioperasikan


Minggu, 26 Maret 2023 / 18:27 WIB
Jelang Mudik Lebaran 2023, Batik Air Siapkan 67 Pesawat Untuk Dioperasikan
ILUSTRASI. Batik Air menyediakan 67 pesawat yang terdiri dari 30 Boeing 737-800NG dan 37 Airbus 320.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam mempersiapkan musim Lebaran 2023, Batik Air melakukan strategi pemeriksaan berkala atau ramp check untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam menyambut momentum itu, Batik Air menyediakan 67 pesawat yang terdiri dari 30 Boeing 737-800NG dan 37 Airbus 320.

Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan mekanisme Batik Air dalam pemeriksaan berkala menjelang musim ramai Lebaran meliputi pemeriksaan fisik yang bertujuan memastikan pesawat dalam keadaan layak terbang (airworthy for flight) dan dapat beroperasi dengan aman.

“Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan pada bagian-bagian pesawat seperti mesin, kursi, toilet, dapur pesawat, avionic, roda pendaratan, sayap dan sistem navigasi dan lainnya,” kata Danang kepada Kontan.co.id, Minggu (26/3). 

Baca Juga: Kabar Baik! Lion Air Buka Kembali Penerbangan Rute Surabaya - Tarakan Tanpa Transit

Selanjutnya melakukan pengecekan alat keselamatan penerbangan untuk menjamin pesawat dilengkapi peralatan keselamatan yang diperlukan terdiri dari sabuk pengaman, masker oksigen, pelampung (jaket keselamatan), sarana peluncur, tabung oksigen, pintu dan jendela darurat, penerangan/ pencahayaan, alat pendeteksi asap dan alat pemadam kebakaran serta mencakup pemeriksaan pada proses keselamatan yaitu prosedur evakuasi dan prosedur darurat lainnya.

Selain pemeriksaan rutin, Batik Air melakukan pemeriksaan khusus jika ada indikasi masalah teknis atau potensi yang mempengaruhi keselamatan pada pesawat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui lebih awal serta dapat diidentifikasi dan diperbaiki.

Dalam mempersiapkan musim ramai Lebaran, pemeriksaan berkala atau ramp check sangat penting untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. Dengan melakukan pemeriksaan ini secara teratur, Batik Air dapat memastikan bahwa pesawat dan operasinya dalam kondisi yang baik dan siap untuk menangani jumlah penumpang yang cenderung meningkat.

Baca Juga: Cek Jadwal Penerbangan Batik Air yang Dialihkan dari Bandara Halim ke Soekarno-Hatta

Dalam memenuhi permintaan mudik Lebaran, Batik Air mengoptimalkan jumlah pesawat utama dalam memenuhi kebutuhan penumpang selama musim ramai Lebaran. Batik Air mempersiapkan 67 pesawat, terdiri dari 30 Boeing 737-800NG dan 37 Airbus 320.

Selain itu, maskapai juga menyiapkan pesawat cadangan sebagai langkah pencegahan jika terjadi masalah pada pesawat utama. Pesawat cadangan ini akan digunakan sebagai pengganti pesawat utama apabila terjadi masalah teknis atau kesalahan lainnya.

“Kami juga melakukan perawatan dan memperbaiki pesawat secara tepat menggunakan metode berjadwal dan tidak berjadwal, sehingga ketersediaan pesawat utama terpenuhi selama momentum Lebaran 2023,” kata dia. 

Dalam menerapkan kebijakan penggunaan pesawat yang efektif dan efisien selama musim ramai Lebaran berdasarkan bandar udara besar (main hub) terdiri dari Kualanamu (KNO), Jakarta (CGK), Jakarta (HLP), Surabaya (SUB), Makassar (UPG), Bali (DPS) dan Balikpapan (BPN), termasuk pengaturan waktu operasional pesawat dan penggunaan pesawat cadangan jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×