kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Jelang new normal, inilah mobil bekas yang berpotensi naik daun


Kamis, 02 Juli 2020 / 13:01 WIB
Jelang new normal, inilah mobil bekas yang berpotensi naik daun
ILUSTRASI. Penjualan kendaraan melalui leasing di salah satu showroom di Tangerang, Selasa (30/6). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan restrukturisasi kredit multifinance tembus Rp 121,92 triliun hingga Selasa (16/6). Restrukturisasi kredit Rp 121,92 triliun be

Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi virus corona merontokkan perekonomian. Di Industri otomotif, penjualan mobil baru maupun mobil bekas anjlok total. Adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) transisi menuju new normal diyakini akan menjadi stimulus memacu industri otomotif. Termasuk juga penjualan mobil bekas diperkirakan bakal semakin ramai.

Jenis mobil bekas yang diprediksi bakal ramai saat fase tatanan kehidupan baru adalah tipe Multi Purpose Vehicle ( MPV). Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih memprediksi, akan terjadi peningkatan peminat mobil bekas tipe MPV saat normal baru.


Baca juga: Mobil Ayla di Jakarta diskon hingga Rp 15 juta, jangan dilewatkan!

Sejumlah pertimbangan yang membuat mobil bekas tipe MPV semakin banyak dicari salah satunya adalah daya tampung dari mobil itu sendiri. Di samping itu, harga dari mobil MPV juga semakin bersaing sehingga banyak menjadi pilihan sebagai kendaraan pribadi.

“Prediksi saya yang akan menjadi dominan atau yang paling banyak peminatnya saat new normal adalah tipe-tipe MPV, seperti Calya, Sigra dan juga Ertiga. Itu yang akan mendominasi nantinya,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Meski harga mobil belum kembali normal, Herjanto mengatakan, perkiraan harga dari tipe-tipe tersebut berkisar antara Rp 80 juta sampai dengan Rp 100 jutaan. “Dibandingkan dengan mobil LCGC pembeli mobil pertama akan lebih cenderung memilih Calya atau pun Sigra,” ucapnya.

Herjanto juga mengatakan, pamor dari dua mobil sejuta umat seperti Xenia dan juga Avanza juga akan kembali dilirik oleh calon pembeli. Padahal, dulu kedua mobil tersebut sempat tergeser dengan hadirnya mobil-mobil MPV jenis baru.

“Avanza dan Xenia juga akan kembali dilirik karena harganya dan muat banyak, dulu kan setengahnya mulai melupakan karena harga Covid ini kembali dilirik dan lebih kedengaran sekarang,:

Baca juga: Lowongan kerja di Damri, dibuka hingga 3 Juli 2020

Sedangkan untuk mobil bekas tipe SUV, Herjanto mengatakan jenis tersebut tetap masih banyak dicari, meskipun para pembeli akan lebih memilih mobil yang sudah tua seperti lansiran tahun 2000an atau 2005. “Untuk tipe SUV ini tetap akan banyak dicari orang, terutama seperti Fortuner yang murah itu keluaran tahun 1990an atau yang lebih murah tahun 2005an,” ujar Herjanto.

(Ari Purnomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Deretan Mobil Bekas yang Bakal Dicari Saat New Normal",

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×