kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Tutup Tahun, Waskita Karya (WSKT) Berkomitmen Selesaikan Restrukturisasi


Senin, 20 November 2023 / 18:35 WIB
Jelang Tutup Tahun, Waskita Karya (WSKT) Berkomitmen Selesaikan Restrukturisasi
ILUSTRASI. PT Waskita Karya (Persero) (WSKT) berjanji akan menjalankan langkah-langkah strategis melalui 8 stream penyehatan keuangan


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya melanjutkan program transformasi bisnis, PT Waskita Karya (Persero) (WSKT) berjanji akan menjalankan langkah-langkah strategis melalui 8 stream penyehatan keuangan. 

Perseroan melaporkan terus melakukan diskusi intensif terkait proses review secara komprehensif terhadap Master Restructuring Agreement (MRA) dengan seluruh kreditur perbankan termasuk upaya restrukturisasi terhadap pemegang obligasi melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) yang akan digelar pada akhir November 2023 mendatang. 

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan saat ini, seluruh perbankan Himbara dan sebagian perbankan swasta telah menyetujui skema restrukturisasi Waskita yang mewakili sekitar 80% dari nominal outstanding hutang.

Ermy juga menyampaikan bahwa perseroan berharap Pemegang Obligasi dapat menyetujui skema MRA tersebut. Ditambah komunikasi dengan seluruh kreditur, stakeholder dan Kementerian BUMN terus dilakukan untuk mendapatkan persetujuan agar proses restrukturisasi dapat segera diselesaikan. 

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Beli Kembali 53,78 Juta Saham Kresna Kusuma Dyandra

“Persetujuan atas restrukturisasi Waskita merupakan titik penting bagi Waskita untuk dapat segera mengimplementasikan skema restrukturisasi sehingga Perseroan memiliki kemampuan dalam melakukan manajemen cash flow secara optimal guna menghasilkan siklus kegiatan operasional yang lebih sustainable. Hal ini juga dapat membantu Perseroan untuk menyelesaikan kewajiban kepada seluruh kreditur baik perbankan, pemegang obligasi, maupun vendor,” jelasnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan, Senin (20/11).

Perseroan tambah dia menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada akhir tahun 2023. 

Sejalan dengan itu, Pemerintah juga terus mendukung upaya penyehatan Waskita melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dukungan konstruksi untuk penyelesaian pekerjaan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Kayu Agung-Kapal Betung dan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Saat ini Perseroan sudah kembali kepada core business-nya sebagai kontraktor murni. Perseroan juga sangat selektif dalam memilih proyek baru terutama dalam hal kepastian pembayaran, terdapat uang muka dan skema pembayaran monthly payment serta telah melalui Komite Manajemen Risiko Konstruksi sehingga proyek–proyek yang didapatkan oleh Waskita dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu serta memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan. 

Saat ini Waskita dipercaya untuk mengerjakan lebih dari 90 proyek yang sedang berjalan dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk di dalamnya 8 proyek IKN dengan NKB sampai dengan bulan Oktober sebesar Rp12 triliun sebagai sumber EBITDA baru.

 

Selain itu, Perseroan melakukan sentralisasi procurement, engineering dan penerapan lean construction pada proyek – proyek yang sedang berjalan serta melakukan efisiensi beban biaya operasional serta reorganisasi sebagai konsep lean office. 

Manajemen Waskita juga berkomitmen untuk menjalankan program penyehatan dan transformasi, termasuk di dalamnya bekerja sama dengan BPKP, KPK dan Jamdatun dalam memperbaiki tata kelola perusahaan yang baik. 

“Perbaikan sudah sangat signifikan dilakukan perseroan sampai dengan saat ini.

Waskita terus berkomitmen untuk menjalankan kegiatan operasional sebagaimana mestinya dan tetap fokus untuk menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan serta terus konsisten dalam menerapkan tata kelola yang baik,” tutup Ermy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×