kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jet Commerce ekspansi ke Vietnam dan Thailand


Rabu, 27 Februari 2019 / 10:33 WIB
Jet Commerce ekspansi ke Vietnam dan Thailand


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Jet Commerce, penyedia solusi end-to-end e-commerce, memperluas layanan bisnis ke Vietnam dan Thailand demi memenuhi permintaan yang kian meningkat terhadap e-commerce enabler seiring dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara. Ekspansi internasional tahap pertama ini ditandai dengan pembukaan kantor dan warehouse di Ho Chi Minh City dan Bangkok.

Masing-masing perusahaan dikelola oleh tim lokal mulai dari store operation, digital marketing, data analyst, designer, copywriter, customer service, hingga tim untuk warehouse dan fulfillment. Beberapa lainnya berasal dari Indonesia untuk mentransfer pengetahuan dan keahlian terkait proses bisnis Jet Commerce.

Langkah ini dilakukan berdasarkan permintaan dan dorongan dari mitra brand global untuk kehadiran Jet Commerce sebagai mitra e-commerce enabler di pasar Vietnam dan Thailand. Di samping itu, perkembangan e-commerce di kedua negara tersebut terus berkembang pesat.

“Fokus merupakan kunci keberhasilan tatkala kita memulai sesuatu, namun visi kami dari awal adalah menjadi penyedia solusi e-commerce terpecaya dan paling diandalkan se-Asia Tenggara,” ujar Oliver Yang, Chief Executive Officer Jet Commerce, dalam siaran pers, Rabu (27/2).

Tim di Vietnam dan Thailand bekerja menghadirkan solusi dan layanan untuk mewujudkan transformasi bisnis mitra brand kami dari konvensional menuju online, serta membangun kemampuan-kemampuan lainnya yang dibutuhkan mitra brand demi meningkatkan kepuasan konsumen.

Riset Google-Temasek dalam laporan e-Conomy SEA 2018 mencatat nilai bisnis e-commerce di Asia Tenggara pada 2018 diprediksi mencapai US$ 23,2 miliar. Adapun Vietnam berada di posisi ketiga senilai US$ 2,8 miliar dan Thailand di posisi kedua senilai US$ 3 miliar setelah Indonesia yang memimpin dengan nilai US$ 12,2 miliar.

Kendati pertumbuhan e-commerce di masing-masing negara menunjukkan performa yang positif, pelaku e-commerce terutama brand harus siap mengatasi sejumlah kendala yang kerap dialami konsumen saat berbelanja online.

Hasil survei Vietnam e-Commerce and Digital Economy Agency pada 2018 menunjukkan sebanyak 77% konsumen di Vietnam menghadapi masalah pada kualitas produk yang diterima.

Hal ini seringkali terjadi terutama jika konsumen berbelanja online di luar official store brand. Berikutnya, sebanyak 32% mengaku mendapatkan pelayanan pelanggan yang buruk dan 63% menilai kredibilitas penjual sebagai daya tarik mereka saat berbelanja online.

Sementara, di Indonesia sendiri beberapa kendala yang kerap ditemui di antaranya keterlambatan pengiriman, barang yang diterima konsumen rusak atau tidak sesuai, lambatnya respon keluhan, diskon fiktif, dan lain sebagainya. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi jika brand memiliki atau bekerja sama dengan tim khusus yang berdedikasi penuh untuk e-commerce.

Hal ini sangat krusial terutama bagi brand yang menawarkan beragam varian produk dan memasarkannya di berbagai saluran pemasaran digital. “Membangun bisnis e-commerce tidak hanya sebatas menyiapkan official store, tapi juga memastikan kelancaran operasional e-commerce untuk mengatasi dan meminimalisir kendala-kendala tersebut,” ungkap Oliver.

Selanjutnya, brand perlu membuat strategi pemasaran digital berbasis data yang berkomitmen untuk pertumbuhan, bukan keuntungan jangka pendek sesaat. Data-data ini nantinya bisa dimanfaatkan brand dalam menemukan cara untuk mengubah traffic menjadi konversi.

Selain itu, membangun identitas brand yang kuat sama pentingnya dengan meningkatkan traffic ke official store. Tampilan official store brand harus menarik secara visual dan diisi oleh konten-konten berkualitas yang melibatkan emosional pelanggan.

Dalam kemitraannya dengan brand, Jet Commerce berperan sebagai wakil resmi yang menangani ketersediaan produk brand di pasar online. Layanan end-to-end yang dilakukan termasuk menyiapkan sekaligus mengoperasikan official store, merancang strategi pemasaran digital, menyediakan tim customer service, dan layanan fulfillment yang mencakup penyimpanan barang hingga pengiriman.

Produk-produk mitra brand yang dipasarkan pun terjamin 100% otentisitas dan orisinalitasnya sehingga dapat dipastikan berkualitas baik.

Saat ini Jet Commerce Vietnam dan Jet Commerce Thailand telah bermitra dengan sejumlah brand dari berbagai kategori produk mulai dari kategori FMCG hingga kategori peralatan dan perlengkapan rumah tangga. Jet Commerce juga terus mencari potensi untuk menjalin kemitraan strategis dengan calon mitra brand lainnya.

Asal tahu saja, Jet Commerce mengawali kiprahnya sebagai authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia pada 2017. Perusahaan kemudian mulai menyelami industri e-commerce lebih dalam dan melebarkan sayap usahanya sebagai salah satu penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara. Jet Commerce membantu brand mengembangkan bisnis e-commerce mereka melalui solusi end-to-end yang mengutamakan pengalaman pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×