kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45967,72   22,97   2.43%
  • EMAS923.000 0,65%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

JMTO: Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 dibuka siang ini


Selasa, 10 November 2020 / 09:52 WIB
JMTO: Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 dibuka siang ini
ILUSTRASI. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A ruas Cimanggis-Jatikarya

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMTO) memastikan akan segera mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5, Selasa (10/11/2020) pukul 14.00 WIB. GT ini merupakan akses masuk dan keluar dari Tol Jagorawi menuju Tol Cimanggis-Cibitung dan sebaliknya.

Pengoperasian kedua GT ini menyusul mulai beroperasinya Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-Jatikarya) sepanjang 2,75 kilometer yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT).

Baca Juga: Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 dibuka tanpa tarif pada 10 November

Pengoperasian jalan tol tersebut sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction-On/Of Ramp Jatikarya).

Perlu diketahui, GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta. Sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi.

Marketing and Communication Department Head JMTO Irra Susiyanti mengatakan,  pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi.

"Selain itu, untuk mengantisipasi jalan alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal atau menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya," kata Irra dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Adapun GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non-bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk. Sementara GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Kedua GT ini akan diberlakukan dengan sistem pembayaran non-tunai atau menggunakan uang elektronik. Tidak ada perubahan tarif  Tol Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5.

Baca Juga: Enam ruas tol baru Jabodetabek akan beroperasi akhir 2020

Pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Jagorawi yang saat ini berlaku yakni, Golongan I sebesar Rp 7.000, Golongan II dan III sebesar Rp 11.500, serta Golongan IV dan V sebesar Rp 16.000.

Selama masa sosialisasi pengoperasian Tol Cimanggis-Cibitung, pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif atau gratis di ruas tersebut. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selasa Besok, GT Cimanggis 4 dan 5 Mulai Dibuka ",

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×