kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JNE Ekspress Optimistis Industri Logistik di Tanah Air Terus Tumbuh


Rabu, 12 Juli 2023 / 18:34 WIB
JNE Ekspress Optimistis Industri Logistik di Tanah Air Terus Tumbuh
ILUSTRASI. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE Express) tetap optimis industri logistik akan terus tumbuh.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ekspedisi dan logistik, PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE Express) tetap optimis industri logistik akan terus tumbuh.

Faktor yang menunjang bisnis logistik yaitu di antaranya seiring dengan perkembangan e- commerce yang begitu cepat dan pertumbuhan UKM yang memanfaatkan channel penjualan secara online. Selain itu, faktor lain adalah tren yang ada saat ini seperti basis pengiriman barang yang langsung ke konsumen atau masyarakat (C to C) yang meningkat.

Sebagai informasi, Asosiasi Logistik Indonesia memproyeksikan bisnis logistik pada tahun 2023 akan bertumbuh di angka 5% hingga 8%, sementara Kadin Indonesia dalam proyeksinya yang didukung riset lembaga survei melihat pasar logistik Indonesia akan tumbuh sekitar 7,9%.

Proyeksi tersebut dibuat dengan mempertimbangkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia 4,7%-5,3% yang didorong oleh keberhasilan program hilirisasi pemerintah.

Marketing Group Head JNE Ekspress Eri Palgunadi mengatakan, sejak tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up, COD (Cash On Delivery), e-payment atau cashless.

Baca Juga: JNE Incar Pertumbuhan Volume Pengiriman 20%-30% Sepanjang Tahun Ini

Di tahun 2017 JNE membangun E-Fulfillment (Logistik UMKM) di beberapa cabang yaitu Warehouse Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia, serta JTR (JNE Trucking) dan sebagainya.

Eri bilang dukungan JNE terhadap UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional di antaranya adalah dengan menggelar program menarik, Ngajak Online yang sudah dilaksanakan sejak 2017, di mana JNE mengajak seluruh UMKM untuk naik kelas.

"Naik kelas melalui edukasi digital marketing, memberikan promo diskon ongkir, cashback dan sebagainya sehingga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk berbelanja secara online lalu diharapkan dapat meningkatkan penjualan para UMKM khususnya yang mempunyai bisnis penjualan oleh–oleh tradisional," kata Eri kepada Kontan.co.id, Rabu (12/7).

Eri menuturkan, pada era digital yang semakin berkembang saat ini, kini dengan hanya satu genggaman pelanggan dapat melakukan melakukan pemesanan untuk pengiriman barang melalui aplikasi Roket Indonesia, serta dapat melacak paket yang dikirimkan secara real time hingga sampai ke tujuan hanya dalam waktu 1 Jam.

"Layanan kurir instan Roket Indonesia sudah tersebar di lebih dari 52 kota di Indonesia, yang saat ini sudah dapat diunduh melalui Play Store yang dapat di akses darimana saja dan kapan saja," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×