Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Setapak demi setapak bisnis pengiriman makanan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mulai bergeliat. Perusahaan itu mengaku frekuensi pengiriman makanan melalui situs e-commerce Pesanan Oleh-oleh Nusantara atawa Pesona, kian ramai.
Manajemen JNE menduga, frekuensi pengiriman makanan meningkat seiring daftar makanan dalam situs Pesona yang makin banyak. Mereka bilang, saat ini ada 3.000 jenis makanan dalam daftar Pesona. Sementara tahun lalu ada 1.800 jenis makanan.
Layaknya pengiriman logistik, pengiriman makanan JNE juga melonjak pada momen tertentu. Semisal Lebaran kemarin. Perusahaan tersebut membeberkan, pengiriman pempek menjelang Lebaran dalam sehari, mencapai empat ton hingga tujuh ton. Informasi saja, pempek, bolu meranti dan pia adalah tiga contoh makanan yang paling banyak mereka kirimkan.
Sayangnya, manajemen JNE merahasiakan rupiah yang sudah disumbangkan oleh Pesona sejauh ini. "Kami tidak mengambil untung dari harga makanan tapi biaya pengiriman makanan itulah yang jadi pemasukan kami," ungkap Muhammad Feriadi, Direktur Pemasaran PT Tiki Jalur Nugraha Ekakuri kepada KONTAN Jumat, (25/9).
Berdasarkan catatan KONTAN, JNE mengincar pendapatan Rp 3,7 triliun hingga akhir tahun 2015. Dari target itu, mereka berharap Pesona bisa berkontribusi 3%-5%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News