kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

JOB Tomori lakukan inovasi teknologi AGCU


Rabu, 25 Maret 2020 / 19:57 WIB
JOB Tomori lakukan inovasi teknologi AGCU
ILUSTRASI. Pekerja mengawasi proses pengiriman LNG di area Kilang Donggi Senoro

Reporter: Filemon Agung | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Joint Operating Body (JOB) Tomori melakukan inovasi teknologi Acid Gas Converter Unit (AGCU) di wilayah kerjanya.

Pelaksana Tugas Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kuniarsih dalam keterangan resmi menjelaskan langkah inovasi ini sebagai upaya meminimalisir resiko pengoperasian lapangan gas.

"Mengoperasikan lapangan gas memiliki risiko tinggi terhadap gas beracun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar wilayah operasi lapangan gas tersebut," jelas Susana, dikutip dari laman resmi SKK Migas, Rabu (25/3).

Baca Juga: Masuki Maret 2020, produksi minyak 7 KKKS lampaui target

Susana menambahkan, proses pengelolaan Lapangan Gas JOB Tomori yang beroperasi di Kabupaten Banggai telah menggunakan teknologi Acid Gas Converter Unit (AGCU).

Terobosan ini juga menjadi yang pertama kali diaplikasikan oleh KKKS di Indonesia.

Dengan teknologi ini, gas beracun yang keluar dapat langsung diubah menjadi H2SO4 atau asam sulfat yang dapat dimanfaatkan oleh industri kimia seperti pupuk.

"Pengoperasian JOB Tomori tergolong ramah lingkungan sehingga dapat terhindar dari pencemaran gas beracun yang akan berdampak sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan," kata Susana.

Susana melanjutkan, sebelumnya JOB Tomori juga sukses dalam pengosongan tangki berisikan H2SO4. Upaya ini dinilai sebagai wujud komitmen JOB Tomori terhadap pengoperasian lapangan gas yang ramah lingkungan.


Tag



Close [X]
×