Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten minuman beralkohol (minol), PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) siap menggenjot penjualan di paruh kedua ini dengan memanfaatkan momentum liburan akhir tahun dan perayaan natal.
Corporate Secretary BEER Griemaldy Kussoy mengatakan musim liburan akhir tahun dan perayaan Natal berpotensi memperkuat penjualan BEER di tahun 2025 ini.
Hal itu lantaran produk siap konsumsi, seperti soju & hard seltzer sangat sesuai untuk momen pesta dan liburan.
Baca Juga: Tekan Konsumsi Minuman Beralkohol, Vietnam Kerek Pajak hingga 90% pada 2031
“Dengan momentum penjualan dan laba yang meningkat, serta tren distribusi yang terus diperluas, paruh kedua diproyeksikan tetap tumbuh,” ungkap Griemaldy, kepada Kontan.co.id, Sabtu (23/8).
Pihaknya memproyeksikan, jika tren pertumbuhan penjualan pada kuartal I-2025 dapat terjaga atau meningkat, penjualan BEER ditargetkan bisa melesat sekitar 80%-100% secara tahunan (YoY). Laba juga diharapkan mampu meningkat ganda jika efisiensi terus meningkat.
Sebagai informasi, penjualan bersih periode Januari–Maret 2025 tercatat sebesar Rp 8,58 miliar, naik hampir dua kali lipat dari Rp 4,31 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini menunjukkan momentum positif yang berlanjut hingga semester pertama lalu.
Sementara itu, untuk kinerja semester I-2025, BEER tercatat membukukan penjualan bersih sebesar Rp 14,55 miliar atau lebih tinggi 24,59% dibandingkan Rp 11,68 miliar di periode yang sama tahun lalu.
Sejalan dengan kenaikan penjualan, laba tahun berjalan BEER tercatat mencapai Rp 619,76 juta. Angka ini meningkat dibandingkan laba bersih di semester I-2024 yang senilai Rp 210,59 juta.
BEER memiliki sejumlah strategi untuk memaksimalkan kinerja di sisa tahun 2025. Pertama, ekspansi distribusi nasional ke provinsi dan kabupaten/kota yang belum terjangkau sesuai izin produk alkohol yang sudah diterbitkan (IUI MB).
“Saat ini distribusi sudah menjangkau 27 provinsi dengan 35 distributor & 20.000 outlet,” tuturnya.
Selain itu, BEER juga melakukan pengembangan pabrik baru di Jawa Tengah untuk meningkatkan kapasitas produksi hingga limakali lipat serta memotong biaya distribusi dan lead me pengiriman .
“Kami mengembangkan teknologi paten “Alco Master” untuk menjamin produk lebih fresh dan smooth serta meningkatkan kualitas cita rasa lokal,” jelas dia.
Selanjutnya: Masuki Usia ke-25, LKS Autoparts Jaga Kualitas Produk Aftermarket di Indonesia
Menarik Dibaca: Ramalan 12 Zodiak Keuangan & Karier Besok, Selasa 26 Agustus 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News