kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi resmikan peluncuran Palapa Ring bagian timur


Senin, 14 Oktober 2019 / 12:30 WIB
Jokowi resmikan peluncuran Palapa Ring bagian timur
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Palapa Ring bagian timur setelah Palapa Ring bagian barat selesai pada 2018. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.


Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Palapa Ring bagian timur. Sebelumnya Palapa Ring bagian barat telah selesai pada tahun 2018 lalu. Setelah penyelesaian Palapa Ring bagian tengah dilakukan awal tahun 2019.

Terakhir penyelesaian 100% Palapa Ring untuk wilayah timur telah diresmikan Jokowi. Oleh karena itu, infrastruktur penunjang internet berkecepatan tinggi itu akan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jokowi berbincang empat mata dengan ketua DPR Puan usai peresmian satelit Palapa Ring

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring, yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," ujar Jokowi di Istana Negara, Senin (14/10).

Adanya infrastruktur itu akan menunjang sistem informasi dan teknologi di wilayah Indonesia. Jokowi bilang Palapa Ring harus dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan teknologi.

Di sektor pemerintahan, hadirnya internet cepat akan menunjang layanan publik. Jokowi memerintahkan agar aparatur pemerintah memanfaatkan beroperasinya "tol langit".

"Ini untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, birokrasi yang melayani yang meningkatkan akuntabilitas publik, serta akurasi dalam kebijakan-kebijakan," terang Jokowi.

Baca Juga: SMI bidik pertumbuhan outstanding hingga 20% di tahun 2020

Selain sektor birokrasi, kehadiran Palapa Ring juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi. Salah satunya adalah mendorong pasar dari produk industri lokal.

Potensi produk lokal dapat dipasarkan ke pasar global. Pemasaran tersebut melalui marketplace yang menggunakan jaringan internet. "Kalau nanti ini bisa koneksikan, dari daerah disambungkan ke marketplace nasional, masuk lagi ke marketplace global," jelas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×