kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jurus Accor hadapi persaingan bisnis hotel


Selasa, 20 Januari 2015 / 16:52 WIB
Jurus Accor hadapi persaingan bisnis hotel
ILUSTRASI. Penyebab Kenapa Bayi Sering Muntah.


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Persaingan bisnis hotel di Indonesia semakin hari semakin ketat. Namun ternyata hal tersebut tidak menghalangi salah satu operator hotel di Indonesia yaitu Accor, untuk terus membuka hotel baru di Indonesia.

Gerard Guillouet, chief operation officer Accor Malaysia, Indonesia, dan Singapura mengatakan Accor masih akan terus membuka 20 hotel baru setiap tahunnya. Perusahaan ini menargetkan bisa mengoperasikan 100 hotel di Indonesia pada tahun ini dan 200 hotel pada 2020 mendatang. Accor sendiri saat ini telah mengoperasikan 90 hotel di Indonesia.

Untuk bisa merealisasikan target tersebut, Accor pun mengembangkan strategi bisnis yang disebut multi-branded combo hotel. Konsep multi branded hotel ini merupakan pembangunan dua hotel sekaligus dalam satu lokasi. Gerard mengaku pembangunan hotel dengan konsep multi-branded combo hotel ini dapat memberikan keuntungan lebih dari sisi biaya.

Dengan membangun dua hotel dalam satu lokasi, biaya investasi menjadi lebih rendah ketimbang membangun dua hotel di dua lokasi yang berbeda. Selain itu, dengan konsep multi-branded combo hotel ini, Accor bisa langsung mendapatkan dua target pasar yang berbeda. "Dengan biaya investasi yang lebih rendah, hasil investasinya bisa tetap sama,"ujar Gerard pada Selasa (20/1).

Apalagi menurut dia, konsep multi branded ini bukanlah hal baru bagi perusahaan karena sebelumnya telah diterapkan oleh Accor di beberapa kota di Indonesia dan terbukti berhasil mendatangkan keuntungan bagi Accor. Untuk itu, konsep multi branded combo hotel ini akan terus dikembangkan oleh Accor.

Perusahaan ini sendiri sebelumnya memang telah menerapkan konsep multi-branded hotel di Balikpapan dengan menggabungkan Novotel Balikpapan dan Ibis Balikpapan. Selain itu, Accor juga menerapkan konsep multi branded hotel dengan menggabungkan Novotel dan Ibis di Solo.

Kemudian pada tahun lalu Accor kembali membuka multi branded hotel dengan mengoperasikan Ibis Budget Semarang Tendean yang berdampingan dengan Novotel Semarang yang sebelumnya sudah lebih dulu beroperasi.

Pada tahun lalu pula, Accor kembali membuka Ibis Style Mangga Dua Square yang letaknya bersebelahan dengan Novotel Jakarta Mangga Dua Square yang juga telah beroperasi lebih dulu. Dengan begitu, hingga akhir tahun lalu, Accor telah memiliki empat multi branded combo hotel.

Untuk rencana ke depannya, Gerard bilang Accor akan mengembangkan paling tidak 10 multi-branded combo hotel di seluruh Indonesia dalam tiga tahun mendatang. Salah satunya adalah dengan melakukan pembukaan Ibis Style dan Ibis budget Jakarta Airport yang letaknya dekat dengan Bandara Soekarno Hatta, Banten pada Selasa (20/1).

Ibis Style dan Ibis Budget Jakarta Airport ini merupakan hotel combo-concept pertama di Indonesia yang menggabungkan merek hotel dalam jajaran keluarga hotel Ibis yang memiliki segmentasi kelas ekonomi.

Selebihnya, pembangunan multi branded hotel akan menggabungkan brand hotel Accor yang berbeda seperti rencana pembukaan Mercure hotel dan Ibis hotel di Bekasi. Kemudian akan disusul oleh pembukaan Mercure dan Ibis hotel di Samarinda. Selain itu, Accor juga akan melakukan pembukaan Ibis Jakarta Kota yang akan berdampingan dengan Mercure Jakarta Kota.

Selanjutnya, Accor juga akan melakukan pembukaan Ibis Pontianak yang dibangun berdampingan dengan Mercure Pontianak. Terakhir, Accor  akan melakukan pembukaan Pullman Surabaya Supermall dengan Ibis Style Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×