kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar baik! 6 Lokasi ini bakal jadi yang pertama mendapat jaringan 5G Telkomsel


Kamis, 20 Mei 2021 / 06:26 WIB
Kabar baik! 6 Lokasi ini bakal jadi yang pertama mendapat jaringan 5G Telkomsel
ILUSTRASI. Komersialisasi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G di Indonesia sudah di depan mata.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar gembira. Komersialisasi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G di Indonesia sudah di depan mata.  

Salah satu operator seluler yang diketahui menjalani Uji Layak Operasi (ULO) untuk mulai menggelar jaringan 5G di Tanah Air adalah Telkomsel. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, apabila nanti telah menyelesaikan proses ULO di Ditjen PPI Kominfo, Telkomsel akan menghadirkan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi di DKI Jakarta. 

"Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi residential, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera," kata Johnny kepada KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Trafik jaringan fiber XL HOME naik hingga 20%  

Selain enam lokasi di Jakarta tersebut, Johnny menambahkan, Telkomsel juga akan merilis layanan 5G komersil di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan. 

Johnny menegaskan bahwa setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO, untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan standar kualitas. 

Menurut Johnny, operator seluler dapat menggunakan pita frekuensi radio yang sudah ada dan telah dimiliki untuk menggelar layanan 5G.

Baca Juga: Kinerja Telkom Indonesia (TLKM) diproyeksi membaik, ini rekomendasi analis

"Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane," jelas Johnny.  




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×