kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin dukung TEI 2020 yang diselenggarakan secara virtual


Senin, 21 September 2020 / 18:49 WIB
Kadin dukung TEI 2020 yang diselenggarakan secara virtual
ILUSTRASI. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P Roeslani berpidato dihadapan peserta Rapat Koordinasi Kadin Indonesia di Jakarta, Selasa (5/11/2019). Rapat Koordinasi Bidang Agribisnis, Pangan & Kehutanan dan Bidang Pengolahan Makanan & Ind


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung pelaksanaan pameran ekspor Indonesia (TEI) yang digelar secara virtual.

TEI akan digelar pada 10-16 November 2020 mendatang di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Guna mendukung itu, Kadin telah ikut mendorong pelaku usaha untuk ikut dalam TEI 2020.

"Kadin sudah berbicara dan mensosialisasikan kepada pengusaha untuk berpartisipasi," ujar Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani saat peluncuran TEI, Senin (21/9).

Baca Juga: Gelar TEI secara virtual, Mendag incar pasar non tradisional

Pelaksanaan TEI secara virtual memang diakui berbeda dengan pameran fisik seperti biasa. Namun, Rosan bilang ada keuntungan dari pameran virtual yang dapat memberikan informasi lebih komperhensif.

Rosan bilang TEI telah menjadi agenda yang ditunggu pihak mancanegara. Asal tahu saja pada tahun 2019 lalu peserta yang hadir dalam TEI mencapai 42.700 pengunjung dari 136 negara.

TEI dinilai dapat mendorong produk Indonesia untuk masuk dalam pasar ekspor yang lebih luas. Terutama untuk negara non tradisional yang selama ini belum dimanfaatkan.

"TEI ini kita memperluas pasar kita, tidak hanya berpangku pada pasar yang sudah ada, tapi membuka pintu mencari pasar," terang Rosan.

Beberapa negara seperti di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin masih memiliki potensi yang besar. Walau pun selain pemasaran, perjanjian dagang juga penting disampaikan Rosan untuk menurunkan bea masuk di negara tersebut.

Baca Juga: Pertamina SMEXPO 2020 membantu pengusaha kecil melek digital

Selain membuka akses pasar, TEI yang digelar secara virtual juga disampaikan Rosan memiliki manfaat bagi industri di Indonesia. Terutama dalam transformasi digital.

"Ini menjadi hal yang positif, akan mengakselerasi digitalisasi dunia usaha," jelas Rosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×