kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI angkut 240.823 penumpang selama libur panjang pekan lalu


Rabu, 04 November 2020 / 19:31 WIB
KAI angkut 240.823 penumpang selama libur panjang pekan lalu
ILUSTRASI. KAI mengangkut 240.823 penumpang selama libur panjang pekan lalu.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani 240.823 pelanggan kereta api jarak jauh (KAJJ) pada libur akhir pekan periode 27 Oktober-2 November 2020 lalu. Jumlah tersebut naik 68% dibanding dengan pekan sebelumnya, yaitu periode 20-26 Oktober 2020 sebanyak 145.078 pelanggan.

"Peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan komitmen KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang bepergian pada saat libur long weekend dengan tetap menjaga protokol pencegahan penyebaran covid -19, sehingga perjalanan KA terselenggara dengan aman, lancar, terkendali, dan sehat tanpa menimbulkan penyebaran klaster baru covid-19 di transportasi kereta api," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi, Rabu (4/11).

Didiek mengatakan, tanggal favorit pelanggan pada momen libur kemarin yakni 28 Oktober 2020. Pada tanggal tersebut, KAI melayani sebanyak 37.143 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan pada 1 November 2020, KAI melayani sebanyak 53.007 pelanggan KAJJ.

"Jumlah pelanggan pada 1 November 2020 tersebut merupakan rekor tertinggi sejak KAJJ dioperasikan kembali secara reguler pada 12 Juni 2020. Adapun yang menjadi rute favorit selama periode long weekend ini adalah Jakarta-Yogyakarta pulang pergi (PP), Jakarta-Bandung (PP), dan Jakarta-Surabaya (PP)," jelas Didiek.

Baca Juga: KAI gencar selamatkan aset lahan melalui sertifikasi dan penertiban

Pada long weekend kemarin, KAI mengoperasikan rata-rata 88 KAJJ per hari, naik 20% dibandingkan pekan sebelumnya sebanyak rata-rata 74 KAJJ per hari. Total tempat duduk yang disediakan adalah 267.204 tempat duduk, naik 20% dibandingkan pekan sebelumnya sebanyak 223.268 tempat duduk.

KAI hanya menjual 70% tiket dari total kapasitas tempat duduk dengan tujuan untuk menciptakan physical distancing selama dalam perjalanan. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Surat Edaran Dirjen Perkeretaapian Nomor 14 Tahun 2020.

Didiek menambahkan, okupansi pelanggan KAJJ pada periode liburan panjang ini mencapai 90% dari tiket yang disediakan. Angka ini naik 64% dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Bahkan untuk 28 Oktober dan 1 November, penjualan tiket mencapai 100%.

Meski ada lonjakan jumlah pelanggan, KAI meyakinkan bahwa tidak ada klaster penularan covid-19 pada transportasi kereta api. Hal ini karena KAI berkomitmen menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Selanjutnya: Promo tiket KA Bandara khusus bulan November, harga mulai dari Rp 10.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×